BerandaNewsKesehatanHati-Hati, Ini Gejala Awal Stroke Ringan yang Patut Diwaspadai

Hati-Hati, Ini Gejala Awal Stroke Ringan yang Patut Diwaspadai

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Stoke merupakan kondisi serius yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu, baik karena penyumbatan pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah.

Sementara itu, stroke ringan atau Transient Ischaemic Attack (TIA) merupakan serangan stroke yang berlangsung dalam waktu singkat.

Penyebabnya sendiri dapat terjadi karena beberapa hal salah satunya yaitu, penyumbatan pembuluh darah. Kondisi tersebut terjadi ketika suatu gumpalan darah atau bekuan darah terbentuk di dalam pembuluh darah yang menyuplai darah ke otak. Gumpalan darah ini dapat terbentuk di tempat lain dalam tubuh seperti jantung atau leher, dan dapat pindah ke pembuluh darah otak.

Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui lebih banyak tentang stroke ringan, baik pemaparan gejala-gejalanya dan apa saja yang harus dilakukan jika stroke ringan. Seperti yang telah dirangkum Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Senin (10/7).

Penerbit Iklan Google Adsense

Gejala Awal Stroke Ringan

Stroke ringan memiliki gejala yang mirip dengan stroke biasa. Namun, gejala-gejala stroke ringan bersifat sementara dan dapat hilang dalam beberapa menit hingga beberapa jam. Adapun beberapa gejala awal stroke ringan yang perlu diwaspadai yaitu:

  1. Kesulitan bicara atau mengucapkan kata-kata dengan jelas.
  2. Kelemahan pada wajah, lengan, atau kaki, biasanya hanya di satu sisi tubuh.
  3. Kesulitan memahami ucapan atau sulit dalam memahami apa yang dikatakan orang lain.
  4. Sulit dalam melihat dengan satu atau dua mata.
  5. Pusing secara tiba-tiba dan hilang dengan cepat.
  6. Gangguan keseimbangan atau koordinasi

Meskipun gejalanya mungkin hanya berlangsung sesaat, namun kondisi ini harus tetap diwaspadai. Pasalnya, gejala-gejala tersebut bisa menjadi peringatan adanya resiko serangan stroke yang lebih parah di kemudian hari.

Apa yang Harus Dilakukan bila Stroke Ringan ?

1. Segera cari bantuan medis

Walaupun gejala yang dirasakan dapat berlalu dengan sendirinya, hal ini dapat menjadi penanda stroke yang lebih berat. Maka penting untuk segera menghubungi nomor darurat atau segera dilarikan ke unit gawat darurat (UGD).

2. Segera dapatkan diagnosa dan evaluasi medis

Bila telah sampai di fasilitas kesehatan, dokter pastinya akan melakukan serangkaian tes dan evaluasi guna membuat diagnosa dan menentukan penyebab stroke ringan tersebut. Tujuannya yaitu, untuk mengidentifikasi faktor resiko yang mendasari dan menentukan tindakan penanganan yang tepat.

Pengobatan

Pengobatan stroke ringan bertujuan untuk mencegah stroke yang lebih serius dikemudian hari. Dokter akan meresepkan beberapa jenis obat yang bermanfaat dalam mengurangi resiko pembentukan gumpalan darah, mengendalikan tekanan darah tinggi, mengatur kadar kolesterol, dan mengelola faktor lainnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS