Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hari Satelit Palapa : Momentum Kebangkitan Telekomunikasi Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Satelit Palapa yang selalu diperingati pada tanggal 9 Juli menjadi tonggak lahirnya telekomunikasi di Indonesia.

Tanggal 9 Juli tersebut dipilih karena tepat di tanggal tersebut atau 8 Juli 1976 pukul 19.30 waktu setempat, satelit palapa diluncurkan dari Amerika Serikat.

Satelit Palapa A1 sebagai satelit pertama Indonesia berhasil diluncurkan dari Cape Kennedy, Florida, Amerika Serikat menggunakan roket Delta 2914.

Satelit yang mengudara langsung oleh pihak NASA itu disaksikan langsung oleh warga Indonesia melalui siaran televisi TVRI.

Nama Satelit Palapa sendiri, diberikan oleh Presiden kedua Republik Indonesia Soeharto. Nama tersebut diambil dari nama sumpah yang diucapkan Gajah Mada di masa Kerajaan Majapahit pada 1336 untuk menyatukan Nusantara

Satelit Palapa dibuat oleh Hughes Aircraft Company dan mempunyai berat 574 kilogram, tinggi 3,7 meter, diameter 1,9 meter, dan diameter antara sepanjang 1,5 meter.

Fungsi Satelit Palapa sebagai pemancar sinyal televisi, radio, dan telepon. Satelit ini didesain sedemikian rupa untuk memaksimalkan pancaran sinyal ke seluruh Indonesia dan beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Saat itu, pengoperasian Palapa A1 ada di bawah Perumtel atau saat ini berganti nama menjadi Telkom, untuk sistem komunikasi, siaran TVRI, dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Dalam perkembangannya, Satelit Palapa mengalami beberapa kali pergantian karena satelit sebenarnya memiliki jangka waktu yang terbatas. Satelit tersebut sudah berganti 9 kali sejak tahun 1978.

Saat ini, yang digunakan adalah Satelit Palapa D yang akan beroperasi sejak tahun 2009 sampai nanti tahun 2024.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru