Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ketahui 3 Kiat Menjaga Kesehatan Hidung

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hidung merupakan organ yang krusial fungsinya, tanpanya kita tidak dapat bernafas. Itu sebabnya, menjaga kesehatan hidung merupakan hal yang sangatlah penting. Karena jika hidung bermasalah, aktivitas pemasukan oksigen dari udara bebas ke dalam paru-paru dapat terganggu. Selain itu, hidung juga tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai indra penciuman dengan baik.

Hidung adalah organ yang langsung berhadapan dengan lingkungan luar, organ ini juga dilengkapi dengan “senjata” berupa rambut halus di hidung dan lendir untuk menangkap dan mengusir debu, polusi, atau pun kuman. Selain itu, hidung juga berfungsi melembabkan serta mengatur udara yang dihirup ke dalam saluran pernapasan. Meski begitu, mekanisme hidung dapat terganggu.

Adapun, hal yang sering mengganggu mekanisme hidung yaitu tersumbatnya hidung, kering, penumpukan kotoran hidung yang mengering, serta mimisan. Kondisi-kondisi ini tentunya saja dapat menghambat aktivitas, indra penciuman, bahkan tidur seseorang. Maka penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan hidung anda, simak penjelasan berikut untuk mengetahuinya. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Klikdokter, Rabu (5/7).

Hindari Polusi

Langkah pertama untuk menjaga kesehatan hidung, usahakan sebisa mungkin hindari menghirup polusi seperti debu, asap rokok, dan asap kendaraan motor. Selain itu, anda juga dapat menggunakan masker agar meminimalkan paparan polusi tersebut.

Manipulasi Hidung

Perlu diingat, hindari manipulasi hidung yang dilakukan secara berlebihan karena dapat menimbulkan trauma. Kegiatan seperti terlalu sering menggosok hidung, mengeluarkan ingus terlalu keras, dan mengorek hidung dikhawatirkan dapat membuat hidung terluka dan rentan terhadap infeksi.

Pelembab Udara

Bila hidung anda sering kering atau bahkan mimisan, sebaiknya pertimbangkan penggunaan pelembab udara (air humidifier) di rumah terutama di kamar tidur. Perlu diingat juga, anda harus terus menjaga kebersihan alat ini karena bila tidak dibersihkan dan dikeringkan dengan baik, lumut dapat tumbuh pada alat air humidifier tersebut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru