Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Hati-hati, Ini 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Kulit

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kulit merupakan organ tubuh paling besar dan paling luar yang sangat penting bagi tubuh. Kulit memiliki fungsi yang sangat luas, mulai dari menjaga suhu tubuh hingga menunjang penampilan secara keseluruhan. Namun terkadang tanpa disadari, setiap hari ada begitu banyak kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat kulit lebih cepat rusak dan menua.

Hal-hal tersebut seringkali dianggap sepele, tetapi sebenarnya akan berdampak besar bagi fungsi dan penampilan kulit. Berikut ini 5 kebiasaan yang dapat merusak kulit, bila anda salah satu orang yang melakukan kebiasaan-kebiasaan ini sebaiknya segera hentikan dan hindari. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Klikdokter, Rabu (5/7).

1. Merokok

Perlu diketahui, kebiasaan merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah kulit bagian terluar, alhasil aliran darah ke daerah tersebut menjadi berkurang. Hal ini tentunya dapat menimbulkan gangguan hantaran oksigen dan nutrisi bagi kulit, sehingga kulit tampak lebih tua dan cepat berkerut. Selain itu, merokok juga dapat merusak kolagen dan elastin yang secara normal berperan dalam elastisitas dan kekencangan kulit.

2. Menantang Matahari

Telah diketahui bersama bahwa kita sebagai masyarakat Indonesia hidup di khatulistiwa, sehingga memang membutuhkan perhatian khusus terhadap sinar matahari. Pasalnya, perlindungan dari sinar matahari merupakan kunci penting perawatan kulit karena sinar matahari dapat menyebabkan kerutan, bercak coklat, dan masalah kulit lainnya yang dapat timbul lebih cepat. Namun jangan khawatir, untuk membentengi diri terhadap sinar matahari lakukan kiat-kiat seperti menggunakan tabir surya, hindari matahari dari pukul 10 pagi hingga 4 sore, serta usahakan agar selalu kenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari.

3. Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Sekarang ini banyak orang lebih menyukai makanan yang cepat dan tidak menyulitkan, sayangnya kebanyakan konsumsi jenis makanan cepat saji justru banyak yang mengandung oksida yang dapat merusak kulit. Itu sebabnya, makanan-makanan seperti ini sebaiknya dihindari agar kesehatan kulit dapat terus terjaga. Anda dapat menggantinya dengan konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayur, dan biji-bijian, serta protein tanpa lemak. Jenis-jenis makanan seperti inilah yang dapat anda manfaatkan dalam menjaga kulit, karena diyakini dapat membuat kulit tampak lebih segar.

4. Mengabaikan Stres

Sobat Holopis wajib tahu, stres dapat menyebabkan munculnya jerawat dan dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif. Kulit sehat selalu berawal dari pikiran yang sehat, untuk itu sebaiknya jangan abaikan stres dan membiarkannya terjadi terus-menerus. Penting untuk belajar mengendalikan stres, ketika stres memang tidak dapat dihindari.

5. Membersihkan Kulit secara Berlebihan

Bagi sebagian orang, menganggap terus-menerus membersihkan kulit baik bagi kesehatan dan kondisi kulitnya. Namun perlu diketahui, sebenarnya membersihkan kulit setiap hari secara berlebihan malah dapat membahayakan kulit. Oleh karena itu, bersihkanlah kulit dengan lembut dan tepat dengan beberapa cara seperti, batasi waktu mandi karena bila terlalu lama justru dapat menghilangkan lapisan minyak alami pada kulit yang berfungsi menjaga kelembaban kulit, hindari sabun atau pembersih yang terlalu kuat karena dapat menghilangkan lapisan minyak pada kulit, maka pilih dan gunakanlah sabun atau pembersih kulit yang lembut dan mengandung pelembab agar kelembaban kulit tetap terjaga, kemudian keringkanlah kulit yang basah dengan menepuk-nepuk dan jangan mengusap terlalu keras agar tidak menghilangkan lapisan pelembab kulit, perlu diingat juga agar tidak lupa menggunakan pelembab.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru