Vietnam Larang Penayangan Film Barbie, Ini Alasannya

Margot Robbie
Artis Hollywood, Margot Robbie di film Barbie. [Foto: Warner Bros]

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Vietnam melarang penayangan film Barbie yang banyak ditunggu oleh penggemar film di tahun 2023. Hal tersebut karena film produksi Warner Bros yang dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling tersebut menampilkan peta yang menunjukkan ‘sembilan garis putus-putus.’

‘Sembilan garis putus’ adalah gambar berbentuk U yang digunakan pada peta China untuk mengilustrasikan klaimnya atas wilayah di Laut China Selatan yang terus menjadi kontroversi.

Kabar bahwa Vietnam melarang film tersebut muncul dari kabar surat kabar pemerintah Vietnam, Tuoi Tre.

“Kami tidak memberikan lisensi untuk film Barbie rilis di Vietnam. Karena mengandung gambar sembilan garis putus yang menyinggung,” demikian disampaikan Kepala Departemen Perfilman Thailanf, Vi Kien Tanh, dikutip Holopis.com, Selasa (4/7).

Warner Bros saat ini belum memberikan komentar ataupun klarifikasi terkait masalah ini.

Sebagai informasi, negara China dan Vietnam memang sudah lama ‘bertengkar’ tentang wilayah di Laut China Selatan. Mereka rebutan wilayah yang berpotensi kaya energi itu.
Vietnam beberapa kali menuduh kapal China telah melanggar kedaulatannya.

Sementara itu, sembilan garis putus yang digambarkan China sangat kontroversial dan ditolak dalam keputusan arbitrase internasional oleh pengadilan di Den Haag pada tahun 2016. China pun menolak mengakui keputusan tersebut.

Exit mobile version