BerandaNewsEkobizSri Mulyani Lapor Jokowi, Surplus APBN Semester I 2023 Capai Rp152,3 Triliun

Sri Mulyani Lapor Jokowi, Surplus APBN Semester I 2023 Capai Rp152,3 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati melaporkan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) semester I 2023 masih mencatatkan surplus sebesar Rp152,3 triliun.

Hal itu disampaikan Sri Mulyani usai menghadiri sidang kabinet paripurna pelaksanaan APBN 2023 yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada Senin (3/7) kemarin.

“APBN 2023 semester I surplus Rp 152,3 Triliun, Keseimbangan Primer surplus Rp 368,2 Triliun. Ini hasil positif yang sangat baik,” demikian disampaikan Sri Mulyani melalui akun Instagram pribadinya @smindrawati yang dikutip Holopis.com, Selasa (4/7).

Dia menjelaskan, surplus APBN tersebut didapat karena pendapatan negara pada Januari-Juni 2023 yang sebesar Rp1.407,9 triliun, lebih tinggi dari belanja negara yang hanya Rp1.254,7 triliun di periode yang sama.

Penerbit Iklan Google Adsense

Bendahara negara itu mencatat, pendapatan negara sepanjang Januari-Juni 2023 mengalami pertumbuhan sebesar 5,4 persen jika dibanding dengan periode yang sama di tahun lalu.

Pun untuk realisasi pendapatan negara tersebut juga telah mencapai 57,2 persen dari target yang ditetapkan pemerintah, yakni sebesar Rp2.463 triliun.

Kendati demikian, Sri Mulyani menyebut pihaknya akan terus waspada terhadap potensi s pelemahan harga komoditas ke depan, yang tentu dapat mempengaruhi pendapatan negara.

“Pelemahan harga komoditas diwaspadai,” tuturnya.

Kemudian dari sisi belanja negara, Sri Mulyani melaporkan realisasinya pada semester I-2023 telah mencapai Rp1.254,7 triliun, atau telah mencapai 41 persen dari target yang sebesar Rp3.061,2 triliun.

Sri Mulyani lantas memproyeksikan, pendapatan negara pada akhir APBN 2023 dapat melebihi target, yaitu sebesar Rp2.637,2 triliun atau 107,1 persen dari target. Kemudian dari sisi belanja negara pada akhir APBN 2023 juga diperkirakan dapat melebih target, yaitu bisa mencapai Rp3.123,7 Triliun.

Dengan demikian, defisit anggaran dapat ditekan menjadi Rp486,4 Triliun atau 2,28 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Kemudian pembiayaan utang juga diharapkan dapat menurun 41,6 persen atau berkurang Rp 289,9 triliun.

“APBN 2023 terus bekerja keras melindungi rakyat dan ekonomi. APBN juga makin sehat dan sustainable. Itu prestasi yang tidak mudah pada saat banyak negara mengalami krisis ekonomi dan kesulitan Keuangan Negara/utang,” tukas Sri Mulyani.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS