Categories: Militer

2 Kapal Pemburu Ranjau TNI AL Buatan Jerman Akan Segera Tiba di Surabaya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – TNI AL akan punya dua kapal baru buatan Jerman, yakni KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732. Kedua kapal tersebut, adalah kapal pemburu ranjau.

Menurut Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Muhammad Ali keda kapal itu akan tiba pada bulan Juli 2023 di Surabaya, Jawa Timur yang diangkut dengan kapal dock.

“Kapal pemburu ranjau ini sudah diangkut oleh kapal dock. Ini dalam perjalanan ya ada dua-duanya sudah diangkut kapal besar namanya ada kapal dock, dia bisa mengangkut dua kapal sekaligus, dan mungkin dalam waktu 2 minggu lagi akan tiba langsung di Surabaya, dan penempatannya juga di Komando Armada II,” katanya yang dikutip Holopis.com, Selasa (4/7).

Muhammad Ali mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan penempatan kapal pemburu ranjau lama yang ada di Komando Armada (Koarmada) II. “Mungkin akan ‘didispersi’ (dialihkan) ke Armada yang lain karena dalam rangka penyeragaman dan penyetaraan dari armada-armada,” Jelasnya.

Sebelumnya, KASAL menjelaskan teknologi yang dimiliki kapal pemburu ranjau (mine counter measure vessel) baru itu. Seperti, bahannya yang menggunakan baja non-magnetik, degaussing system, dan penggerak motor elektrik yang dapat mengurangi kebisingan.

“Jadi, ini teknologinya cukup kekinian dan merupakan kapal buru ranjau yang cukup canggih, di mana bahannya dari steel (baja) non-magnetic steel. Jadi, bahannya baja tetapi tidak mempunyai medan magnet,” jelasnya.

Upacara pengiriman dua kapal itu, yang diberi nama KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732 berlangsung pada 26 Mei 2023 di Galangan Abeking & Resmussen, Lamwerder-Bremen, Jerman. Kepala Staf TNI AL memimpin langsung upacara pengiriman (delivery) dua kapal pemburu ranjau TNI AL tersebut.

Seiring dengan pengiriman kapal, TNI AL juga mengirim total delapan personel ke Jerman untuk mengikuti pelatihan mengenai kapal pemburu ranjau. Para personel yang dikirim itu mengikuti pelatihan selama 39 hari di Jerman.

Ronalds Petrus Gerson

Share
Published by
Ronalds Petrus Gerson
Tags: TNITNI AL

Recent Posts

Niat Hati Kampanye Anti Korupsi, Kementan Malah Dirujak Netizen

Kementerian Pertanian mengunggah sebuah flyer yang mengangkat tema anti korupsi, namun menggunakan konsep film yang…

1 jam ago

Manfaat Shalat Tahajud: Kebiasaan yang Mengubah Hidup

Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam setelah tidur. Shalat ini memiliki…

5 jam ago

Aparat Tembak Mati Teroris Papua

Aparat gabungan TNI Polri melakukan penyerbuan markas teroris Papua di Topo, Nabire.

6 jam ago

PSI Tawarkan Koalisi di Pilkada Jakarta, PKS : Paketnya Sesuai Arahan Presiden!

PKS mengaku terbuka dengan tawaran PSI untuk berkoalisi di Pilkada Jakarta 2024.

6 jam ago

Mahfud MD Sarankan Semua Komisioner KPU Mundur

Mantan Menko Polhukam, Mahfud MD menyarankan agar semua komisioner KPU RI saat ini agar mengundurkan…

7 jam ago

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

9 jam ago