BerandaNewsEkobizSoal Larangan Ekspor Nikel, DPR Ingatkan Pemerintah Jangan Mau Didekte IMF

Soal Larangan Ekspor Nikel, DPR Ingatkan Pemerintah Jangan Mau Didekte IMF

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto mewanti-wanti pemerintah jangan mau didikte Dana Moneter Internasional (IMF) terkait arah kebijakan larangan ekspor nikel.

Hal itu disampaikan Mulyanto menyusul adanya permintaan IMF kepada pemerintah Indonesia untuk mencabut secara bertahap kebijakan larangan ekspor nikel yang telah diberlakukan sejak Januari 2020 lalu.

“Pemerintah jangan mau diintervensi IMF karena Indonesia sebagai negara berdaulat berhak menentukan aturan terkait pengelolaan sumber daya alam yang dimiliki,” ujar Mulyanto dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (1/7).

Mulyanto menilai permintaan IMF yang disampaikan dalam laporannya yang bertajuk ‘IMF Executive Board Concludes 2023 Article IV Consultation with Indonesia’ sangat tidak logis.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dia menegaskan, bahwa Indonesia saat ini tidak punya kewajiban terhadap IMF. Sehingga menurutnya, permintaan tersebut sangat tidak relevan disampaikan sebuah lembaga kepada pemerintahan yang berdaulat.

Mulyanto juga meminta pemerintah untuk merespon tegas permintaan tersebut. Hal itu dilakukan untuk menunjukkan wibawa Indonesia di hadapan lembaga-lembaga Internasional.

Bila tidak, lanjutnya, maka Indonesia akan dianggap lemah dan mudah dipermainkan oleh bangsa atau negara lain.

“Tidak perlu didikte oleh negara lain termasuk IMF. Inikan mekanisme internal Indonesia dalam menjalankan roda pembangunannya,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS