BerandaNewsRagamJokowi : Dirgahayu Kepolisian RI

Jokowi : Dirgahayu Kepolisian RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi mengatakan, bahwa Polri penting menjadi bagian dari institusi negara untuk menghadirkan keamanan dan kedamaian di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

“Kehadiran segenap jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air telah mewujudkan keamanan dan kedamaian dalam masyarakat,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (1/7).

Tanpa Polri, negara sulit untuk menghadirkan pembangunan nasional demi kepentingan bangsa dan negara.

“Kesiapsiagaan para bhayangkara negara memungkinkan kita untuk membangun dan mengejar kemajuan,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Oleh sebab itu, di momentum hari ulang tahun korps Bhayangkara yang ke 77 tahun, Presiden Jokowi mengucapkan selamat HUT Polri.

“Dirgahayu Kepolisian RI,” pungkasnya.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa Polri sudah memasuki usia yang ke 77 tahun. Lembaga negara ini didirikan pada tanggal 1 Juli 1946.

Polri memiliki moto ; Rastra Sewakotama yang artinya Abdi Utama bagi Nusa Bangsa. Institusi ini pun mengemban tugas-tugas kepolisian negara di seluruh wilayah Indonesia yaitu ; memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, Polri digerakkan oleh unsur pelaksana tugas utama, antara lain ;

1. Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam),
2. Badan Reserse Kriminal (Bareskrim),
3. Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam),
4. Korps Brigade Mobil (Brimob),
5. Korps Lalu Lintas (Korlantas), dan
6. Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88).

Bahkan, Korps Bhayangkara sudah masuk ke lini terkecil masyarakat, yakni di tingkat Kelurahan. Ia adalah Bhabinkamtibmas singkatan dari Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

Merujuk pada Pasal 1 angka 4 Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat, Bhabinkamtibmas adalah pengemban Polmas di desa/kelurahan. Pengemban Polmas adalah setiap anggota Polri yang melaksanakan Polmas di masyarakat atau komunitas.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Tiga Kabupaten di Sulawesi Tenggara Terendam Banjir

Ribuan warga yang tersebar di tiga Kabupaten Provinsi Sulawesi Tenggara terdampak bencana banjir.

Empat Kecamatan di Kabupaten Buru Terdampak Banjir

Bencana banjir yang disebabkan tingginya intensitas hujan melanda sejumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.

Ratusan Rumah Warga di Kabupaten Seluma Terendam Banjir

Bencana banjir merendam pemukiman warga yang ada di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

Kementerian PPPA Akan Kawal Pengusutan Kasus Kasus Perundungan di Pesantren

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyayangkan dan mengutuk keras terjadinya kasus kekerasan di lingkup pondok pesantren hingga menyebabkan...

Hujan Deras, Turap Dinding Tol JORR Bintaro Longsor

HOLOPIS.COM, TANGSEL - Akibat hujan deras turap dinding di bantara ruas Tol JORR, di Jalan Mulia Bhakti, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan longsor, sekitar pukul...

Tahun Baru Islam Libur Nasional? Begini Ketentuannya

Biasanya, pemerintah menetapkan perayaan keagamaan seperti tahun baru Islam sebagai sebagai libur nasional. Lantas, apakah tahun baru Islam 1446 Hijriah masuk dalam daftar hari libur nasional?
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS