HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masyarakat Jalan Sodong Raya Cipinang antusias menyaksikan proses penyembelihan sapi dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Meskipun sedang panas terik, warga sekitar melihat satu per satu kambing-kambing dan sapi-sapi disembelih, untuk nantinya dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu.

Pada tahun ini, Musholla Ar-Ridho Jalan Sodong Raya menyembelih 9 kambing dan 6 sapi dari warga sekitar.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu panitia yang sedang bertugas untuk memastikan kelancaran acara pengembeluhan hewan kurban tersebut.

“Tahun ini ada sekitar 9 atau 10 kambing, kalau sapi tahun ini ada 6,” kata panitia yang tidak menyebutkan namanya kepada Holopis.com, Kamis (29/6).

Sapi yang disembelih di Cipinang
Sapi yang disembelih di wilayah Cipinang. [Foto: Holopis/BI]
Seperti biasa, sempat ada drama sapi yang mengamuk dan hampir kabur. Warga pun panik dan berusaha lari sambil masih memegang smartphone masing-masing.
Namun, pihak panitia masih berhasil mendiamkan sapi sehingga tak berhasil lari dan kabur.

Proses pemotongan berjalan lancar tanpa adanya kesalahan atau kecelakaan yang tidak diinginkan. Meskipun pada tahun ini jumlah kambing yang dikurbankan tidak sebanyak kambing pada tahun lalu di wilayah itu, masyarakat sekitar tetap bersyukur bisa menyaksikan pemotongan hewan kurban di Idul Adha tahun 2023 ini.

“Seneng, bawa anak nonton. Walaupun tadi sempet ditutup matanya pas dipotong, tapi sekalian edukasi,” kata Norman, salah satu warga Cipinang.

Organ tubuh sapi
Jeroan sapi untuk dikurbankan kepada masyarakat tidak mampu di sekitar wilayah Cipinang. [Foto: Holopis/BI]
Saat ini, seluruh masyarakat muslim di dunia sedang merayakan Hari Raya Idul Adha. Di mana para umat muslim yang mampu mengurbankan kambing, domba, atau sapi untuk memberi makan masyarakat kurang mampu.