HOLOPIS.COM, JAKARTA – Saat ini kebanyakan orang hampir selalu berada di ruangan ber-AC, mulai dari tidur, berkendara, bekerja di kantor, melakukan kegiatan di sekolah, meeting dengan konsumen, pergi kursus, jalan-jalan di mal, dan sebagainya, hampir selalu dilakukan di ruangan ber-AC.

Padahal tanpa disadari, hal ini justru dapat membuat kulit menjadi sangat kering akibat terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Adapun keluhan yang sering muncul karena kulit kering yaitu, rasa gatal tanpa adanya lokasi spesifik, terkadang gatal di punggung, tungkai, atau bisa juga di area tubuh lainnya.

Selain itu biasanya, rasa gatal tersebut muncul di malam hari akibat kulit terlalu kering setelah seharian beraktivitas dalam ruangan ber-AC. Simak penjelasan berikut ini, agar mengetahui cara menjaga kulit tetap sehat di ruangan ber-AC. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Klikdokter, Rabu (28/6).

1. Penuhi Kebutuhan Minum Air Putih

Agar menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, anda perlu konsumsi air putih dengan jumlah yang cukup setiap harinya. Pasalnya, udara dingin yang dihasilkan Ac akan “menarik” air dari tubuh anda. Maka untuk mengimbanginya anda perlu memperhatikan kecukupan air yang anda minum, pastikan juga wadah minum anda selalu berdekatan dengan anda.

2. Gunakan Pelembab lebih Sering

Kebiasaan banyak orang hanya menggunakan pelembab setelah mandi, namun ada baiknya mulai saat ini biasakan agar selalu membawa pelembab kemanapun. Hal ini karena, selain memberi nutrisi pelembab juga akan melapisi kulit anda sehingga AC tidak mudah “menarik” air dari tubuh anda. Selain itu, penggunaan pelembab juga akan membuat hidrasi kulit terjaga dengan baik. Perlu diingat, bila setiap kali kulit terasa kering atau gatal anda juga dapat mengaplikasikan pelembab. Semakin sering digunakan, maka pelembab akan membuat kulit menjadi semakin sehat, keluhan gatal berkurang, dan anda dapat beraktivitas lebih baik meski di ruangan ber-AC sekalipun.

3. Pola Makan Sehat

Untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan terjaga meski di ruangan ber-AC, pastikan anda mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan, dan sayuran. Hal ini karena, kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang terkandung dalam buah dan sayur akan membantu membuat kulit lebih sehat. Selain itu, jus juga dapat dijadikan pilihan yang baik dan praktis guna mendapatkan manfaat dari buah dan sayuran.

4. Menggunakan Alat Humidifier

Jika diperlukan, anda juga dapat menggunakan alat humidifier guna menjaga kelembaban ruangan. Ada banyak jenis alat humidifier yang dapat anda temui di pasaran, pilihlah yang paling sesuai dengan keuangan dan luas ruangan anda. Alat ini akan membantu menjaga kelembaban di dalam ruangan agar kulit tidak menjadi kering.

5. Perhatikan Ventilasi Ruangan

Meski selalu berada di ruangan tertutup yang nyaman dan dingin, biasakan sesekali membuka jendela pada ruangan tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara segar yang masuk keruangan, serta membantu mempertahankan kadar kelembaban agar ruangan tidak menjadi terlalu kering.