BerandaNewsKesehatanCewek Harus Tahu, Ini 4 Perawatan Sederhana untuk Cegah Kulit Keriput

Cewek Harus Tahu, Ini 4 Perawatan Sederhana untuk Cegah Kulit Keriput

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kulit keriput memang merupakan suatu tanda penuaan dini. Hal ini pasti akan mengalami masa ini ketika masa tuanya, namun bagi sebagian orang terutama wanita akan sangat cemas bila keriput muncul pada kulit wajah mereka di usia yang masih muda.

Bila kondisi kulit keriput muncul, hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti paparan sinar ultraviolet, radikal bebas, dan kurangnya cairan dalam tubuh, dan seperti yang disampaikan sebelumnya yaitu faktor menurunnya fungsi normal tubuh seiring bertambahnya usia.

Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui beberapa perawatan sederhana pencegahan kulit keriput yang dapat dilakukan di rumah. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Klikdokter, Rabu (28/6).

Mencuci Wajah dengan Benar

Penerbit Iklan Google Adsense

Langkah ini sangat penting sebagai salah satu cara pencegahan kulit keriput, mencuci wajah dilakukan agar kulit terbebas dari kotoran yang dapat menyebabkan jerawat dan kulit kusam.

Washing Face
Perempuan sedang membersihkan wajah. [foto : Currie Day Spa]

Namun, mencuci wajah yang terlalu sering juga dapat menghilangkan minyak alami pada kulit yang berfungsi menjaga kelembaban kulit. Itu sebabnya, anda perlu menghindari mencuci muka terlalu sering.

Minyak Esensial

Berikutnya, anda dapat mengoleskan pelembab di wajah guna membantu menjaga kelembaban kulit setelah mencuci wajah. Untuk pelembab alami ini, anda dapat gunakan berbagai minyak esensial bagi kulit.

Minyak Esensial
Salah satu minyak esensial yang terbuat dari bunga lavender.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa esensial guna membantu menjaga kelembaban dan keelastisan kulit.

Mengoleskan Lidah Buaya

Tak dapat dipungkiri, lidah buaya memang telah terkenal memiliki banyak manfaat. Mulai dari khasiatnya bagi rambut, hingga melancarkan pencernaan. Tanaman yang satu ini mudah ditemukan, dan memiliki banyak khasiat lainnya seperti meredakan radang pada kulit akibat paparan sinar matahari, melembabkan, dan menjaga keelastisan kulit.

Masker lidah buaya.
Penggunaan lidah buaya, guna cegah penuaan dini. [Foto: Freepik]

Cukup oleskan lendir lidah buaya segar pada kulit, agar memberi efek dingin dan relaksasi.

Konsumsi Kakao

Penelitian The Journal of Nutrition (2006) menyatakan bahwa, kakao mengandung kadar flavanol yang sangat tinggi. Flavanol merupakan salah satu kandungan dalam tanaman yang memiliki khasiat antioksidan dan anti radang. Senyawa inilah yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, serta meningkatkan kelembaban kulit.

Kako
Ini adalah isi dari buah kako. Biji buah ini merupakan bahan utama pembuat cokelat.

Tak hanya itu, flavonoid juga membantu melawan aksi radikal bebas yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput.

Selain perawatan-perawatan alami diatas, anda juga dapat menambahkan konsumsi suplemen vitamin E dan kolagen guna membantu menjaga kesehatan kulit.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS