Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ini Cara Mengatasi Nyeri Payudara saat Menstruasi, Catat !

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salah satu gejala yang sering terjadi menjelang atau ketika datangnya menstruasi adalah nyeri payudara. Kondisi ini wajar terjadi sebagai akibat dari perubahan hormon wanita, saat siklus menstruasi datang. Umumnya, gejala ini akan diikuti dengan perubahan kondisi emosional seperti mudah marah, stres, dan nafsu makan yang meningkat atau justru penurunan nafsu makan.

Hal ini terjadi karena, menjelang atau saat menstruasi hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh akan mulai bekerja dengan cara yang berbeda. Bila estrogen dalam tubuh lebih rendah sementara progesteron justru meningkat, maka payudara akan terasa membengkak. Selain itu, keaktifan dua hormon ini terkadang tidak seimbang, sehingga kondisi inilah yang membuat payudara terasa lebih besar bahkan nyeri saat menstruasi.

Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui bagaimana cara mengatasi nyeri payudara ketika menstruasi agar tidak mengganggu produktivitas dan aktivitas sehari-hari anda. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Senin (26/6).

1. Pilih Bra yang Tepat

Pemilihan bra yang digunakan saat periode menstruasi, diketahui juga turut berpengaruh terhadap gejala nyeri payudara. Pasalnya, menggunakan bra yang tidak tepat justru akan membuat payudara semakin nyeri dan hal ini tentu akan meningkatkan ketidaknyamanan anda saat beraktivitas. Itu sebabnya, anda disarankan untuk tidak menggunakan bra yang terlalu ketat selama merasa nyeri. Selain itu, pilih juga bra khusus untuk olahraga guna meningkatkan kenyamanan anda saat melakukan aktivitas fisik.

2. Kurangi Asupan Kafein

Beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa, sebaiknya wanita yang sedang menstruasi mengurangi asupan kafein. Hal ini karena, kafein disinyalir dapat membuat nyeri payudara semakin meningkat terlebih lagi bila wanita tersebut memiliki riwayat PMS atau nyeri payudara ketika menstruasi. Sebaiknya, ganti asupan kafein yang biasa anda konsumsi dengan teh hangat atau air putih saja.

3. Konsumsi Vitamin

Studi membuktikan bahwa, nyeri payudara menjelang atau ketika menstruasi dapat diatasi dengan konsumsi vitamin A, E, dan B6. Studi tersebut juga menyatakan bahwa ketiga jenis vitamin tersebut mampu menstabilkan kondisi hormon dalam tubuh, sehingga nyeri payudara akibat masalah hormonal dapat teratasi.

4. Ubah Diet dan Atur Pola Makan

Siapa sangka, ternyata pola makan dan diet yang anda lakukan juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan saat menstruasi, termasuk nyeri payudara. Sebaiknya hindari makanan dengan kandungan tinggi sodium dan garam selama menstruasi, pasalnya asupan berlebihan dari dua nutrisi tersebut justru akan meningkatkan kadar retensi air pada tubuh. Sehingga mengakibatkan payudara anda akan semakin nyeri dan membengkak.

5. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Untuk mengatasi nyeri payudara saat periode menstruasi, banyak orang memilih konsumsi obat pereda nyeri karena dianggap lebih instan. Tak heran, pasalnya ketika menstruasi tidak hanya payudara yang terasa nyeri, namun perut, pinggang, hingga punggung pun merasa sakit sehingga membuat tubuh menjadi semakin tidak nyaman. Meski demikian, sebaiknya penggunaan obat pereda nyeri ini tidak rutin anda gunakan karena dapat membuat efek ketergantungan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru