Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizBos BI Singgung Lagi Rencana Ubah Rp1.000 Jadi Rp1

Bos BI Singgung Lagi Rencana Ubah Rp1.000 Jadi Rp1

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) kembali menyinggung rencana redenominasi atau penyederhanaan nilai mata uang rupiah, dengan menghilangkan tiga nol di belakang, misalnya Rp1.000 menjadi Rp1.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengaku, bahwa pihaknya sudah mempersiapkan rencana redenominasi rupiah sejak jauh-jauh hari.

“Jadi redenominasi sudah kami siapkan dari dulu, mulai dari masalah desain dan tahapan-tahapannya,” kata Perry dalam konferensi pers Hasil Rapat Dewan Gubernur BI bulan Juni 2023, sebagaimana dikutip Holopis.com, Jumat (23/6).

Kendati demikian, rencana tersebut tidak serta merta bisa diterapkan. Dia menegaskan, bahwa terdapat tiga faktor penentu dalam mengimplementasikan rencana tersebut.

Pertama adalah faktor kondisi makro, dimana harus dalam keadaan baik. Kedua yakni stabilitas moneter dan sistem keuangan yang harus tetap terjaga. Terakhir yang ketiga adalah situasi sosial-politik yang harus dalam keadaan kondusif.

Redenominasi Rupiah
Ilustrasi redenominasi rupiah. [Foto : Ist]
Adapun menurut Perry, kondisi perekonomian Indonesia untuk saat ini berada dalam kondisi yang terbilang bagus. Namun penerapan redenominasi belum bisa dijalankan, lantaran kondisi perekonomian global kini tengah melambat.

“Demikian juga stabilitas sistem keuangan kita bagus stabil, tetapi ketidakpastian global masih ada, sabar. Dan kalau kondisi sosial politiknya, tentu pemerintah lebih tahu,” tutur Perry.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.