Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizMakin Praktis, QRIS Bisa untuk Transfer hingga Tarik dan Setor Tunai

Makin Praktis, QRIS Bisa untuk Transfer hingga Tarik dan Setor Tunai

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) berencana untuk memperluas penggunaan QR Indonesian Standard (QRIS) untuk mempermudah transaksi keuangan masyarakat.

Adapun ke depan, QRIS tak hanya dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran saja, tetapi juga untuk keperluan transaksi lainnya, mulai dari transfer hingga tarik dan setor tunai.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi BI, fitur QRIS keluaran bank sentral nantinya dapat digunakan untuk transfer dana antar pengguna QRIS dengan hanya bermodal kode QR.

Selain itu, para pengguna ke depan juga dapat melakukan penarikan dana hanya dengan memindai kode QRIS yang tersedia.

“Pengguna dapat melakukan transaksi penarikan dana dengan cara memindai kode QRIS di mesin ATM atau merchant QRIS yang bertindak sebagai agen atau mitra untuk tarik tunai,” tulis BI pengumumannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (23/6).

Selanjutnya, pengguna QRIS juga bisa dilakukan untuk transaksi setor tunai dengan hanya memindai kode QR di mesin ATM.

“Metode pembayaran push payment digunakan, dimana penyetor menunjukkan kode QRIS miliknya ke perangkat pemindai di Mesin Setor Tunai (CDM/ATM) atau merchant QRIS yang bertindak sebagai agen atau mitra untuk setor tunai,” kata dia.

Deputi Gubernur BI, Filianingsih Hendarta mengatakan, bahwa dengan adanya penambahan layanan baru tersebut, pihaknya mengganti nama QRIS, dari QRIS TTS (Tarik Transfer Setor) menjadi QRIS TUNTAS (Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai).

Adapun QRIS TUNTAS tersebut akan dirilis BI pada Agustus 2023 mendatang, bertepatan dengan momen peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Mudah-mudahan di Agustus nanti bisa grand launching,” kata Filianingsih dalam keterangan pers di kanal YouTube Bank Indonesia, Kamis (22/6) yang dikutip Holopis.com.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.