Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kemenag Janji Tutup Pesantren Al-Zaytun, Jika Terbukti Melanggar

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) akan membekukan izin operasional pondok pesantren (Ponpes) Al-Zaytun jika terbukti melakukan pelanggaran berat. Karena Kemenag merupakan regulator dalam penyelenggaraan pendidikan keagamaan termasuk pesantren.

“Jika Al-Zaytun melakukan pelanggaran berat, dengan menyebarkan paham keagamaan yang diduga sesat, maka kami bisa membekukan nomor statistik dan tanda daftar pesantren, termasuk izin madrasahnya,” kata Juru Bicara Kemenag Anna Hasbie dalam keterangan tertulis, Jumat (23/6).

Anna mengungkapkan, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag diberi kewenangan menerbitkan nomor statistik dan tanda daftar pesantren. Dimana Pesantren Al-Zaytun sendiri tercatat memiliki nomor statistik dan tanda daftar pesantren.

“Sebagai regulator, Kemenag memiliki kuasa administratif untuk membatasi ruang gerak lembaga yang di dalamnya diduga melakukan pelanggaran hukum berat,” paparnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Mohamad Ridwan Kamil menyatakan bahwa pihak yang berwenang untuk membubarkan Yayasan Pesantren Indonesia Al Zaytun Indramayu hanya Kementerian Agama.

Hal ini disampaikan Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, karena selama ini Kementerian Agama adalah pihak yang banyak menyetorkan biaya operasional untuk kelangsungan pondok pesantren yang diampu oleh Panji Gumilang itu.

“Pembubaran hanya dilakukan oleh Kementerian Agama. Yang memberikan izin, izinnya ada di Kementerian Agama,” kata Kang Emil dalam keterangannya, Rabu (21/6) yang dikutip Holopis.com.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Polres Karawang Tekankan Netralitas di Pilkada 2024, Polri Tak Boleh Berpihak

HOLOPIS.COM, KARAWANG - Kapolres Karawang, AKBP Edwar Zulkarnain mengimbau...

Kang Dedi Mulyadi dan Acep-Gina Ikut Semarakkan Pagelaran Budaya di Karawang

HOLOPIS.COM, KARAWANG - Bakal Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi...

Kebakaran Terjadi di Pasar Tambun Kabupaten Bekasi

HOLOPIS.COM, BEKASI - Terjasi kebakaran yang melanda Pasar Tambun...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru