HOLOPIS.COM, JAKARTA – Nyeri ulu hati merupakan nyeri yang berasal dari perut bagian atas, tepatnya di bawah pertemuan 2 tulang iga. Ada beberapa penyakit yang paling sering menjadi penyebab terjadinya nyeri pada ulu hati.

Simak penjelasan berikut ini guna mengetahuinya, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Klikdokter, Kamis (22/6).

1. Gastrointestinal Reflux Disease ( GERD)

GERD ditandai dengan adanya rasa terbakar atau panas di daerah ulu hati dan dada. Biasanya, GERD akan semakin dirasa memburuk apabila terlalu cepat berbaring setelah makan atau melakukan posisi menunduk. Hal ini karena, asam lambung yang terdorong ke arah kerongkongan sehingga menyebabkan peradangan dan rasa terbakar.

2. Gastritis

Penyakit yang satu ini paling sering terjadi, gastritis merupakan peradangan pada dinding lambung akibat tingginya produksi asam lambung. Peradangan yang terjadi dalam waktu yang lama, serta adanya infeksi bakteri helicobacter pylori akan menyebabkan tukak, yakni rusaknya dinding lambung atau usus kecil. Saat makan, nyeri yang khas akan dirasakan pada tukak lambung. Sedangkan pada tukak usus kecil, biasanya dirasakan 2 hingga 3 jam setelah tukak lambung. Selain itu, bila luka dinding lambung atau usus kecil terjadi dalam waktu lama maka akan ditemukan gejala muntah darah atau cairan kehitaman.

3. Kelainan Empedu

Peradangan kantung empedu atau batu empedu, merupakan kondisi yang juga berdampak pada nyeri ulu hati. Nyeri akan dirasakan pada bagian perut kanan atas, menjalar ke bahu dan akan semakin terasa terutama setelah makan makanan berlemak.

4. Penyakit Pankreas

Peradangan pankreas memiliki gejala hebat yang dapat dirasakan penderitanya, rasa sakit tersebut dapat menjalar sampai ke punggung. Selain itu, adapula gejala kuning, nyeri perut hebat, berdebar, dan perubahan warna di daerah perut.

5. Kanker Lambung dan Pankreas

Biasanya, kanker lambung dan pankreas menyerang seseorang yang berusia lebih dari 55 tahun dan orang yang mempunyai kebiasaan merokok. Gejala yang dirasakan yaitu demam, penurunan berat badan, dan tidak nafsu makan.

Nyeri ulu hati, bukanlah sesuatu yang berbahaya namun bila nyeri yang anda rasakan disertai gejala nyeri dada (seperti rasa tertindih), nyeri yang menjalar ke bahu atau tangan, sesak nafas hebat dan muntah. Pastikan anda segera memeriksakan diri ke rumah sakit, karena hal ini dapat mengancam jiwa, pasalnya gejala-gejala tersebut merupakan gejala serangan jantung yang memiliki nyeri alih ke daerah ulu hati.