BerandaNewsRagamKLHK Berhasil Cegah 2 Ton Plastik Sekali Pakai Jadi Sampah di Tahun...

KLHK Berhasil Cegah 2 Ton Plastik Sekali Pakai Jadi Sampah di Tahun 2022

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam hari raya kurban atau Idul Adha, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan penggunaan wadah untuk daging kurban ternyata bisa jadi masalah jika menggunakan plastik saat pendistribusian.

Menurut Kasubdit Tata Laksana Produsen KLHK, Ujang Solihin Sidik, wadah dari kantung plastik dapat memicu tingginya sampah dan perusakan lingkungan.

Ujang menambahkan, pihak KLHK sangat mendukung apa yang sudah dilakukan oleh Dompet Dhuafa dengan taglinenya ‘Satu Kurban Banyak Kebaikan’.

Karena salah satu kebaikan yang dilakukan, juga dirasakan oleh lingkungan dengan gerakan kurban tanpa plastik. Dimana, saat berkurban tidak munculkan dampak negatif bagi alam.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dalam kesempatan tersebut, Ujang mengungkapkan pencegahan wadah kantong plastik sekali pakai jadi sampah di tahun 2022 mencapai 600 ribu lembar.

“Tahun 2022 di 81 kabupaten/kota ada 600 ribu lembar kantong plastik sekali pakai, bisa dicegah menjadi sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan. Kalau dihitung mencapai 2 ton sampah plastik,” kata Ujang kepada Holopis.com yang dikutip, Kamis (22/6).

Selain itu, gerakan tersebut justru membuat ide kreatif dari masyarakat untuk menciptakan wadah pengganti kantong plastik.

“Dengan gerakan kurban tanpa plastik ini, justru memunculkan masyarakat yang kreatif dengan munculnya wadah-wadah pengganti kantong plastik,” katanya.

“Kabar baiknya gerakan ini terus meningkat setiap tahunnya dan akan terus dilakukan dalam upaya memilah dan mengolah sampah terutama sampah plastik yang akan dilakukan tahun ini beriringan bersama Dompet Dhuafa.” sambung ujang.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.

4 Tips Pakai Maskara Anti Luntur agar Tetap Cantik Meski Musim Hujan

Musim hujan sering kali menjadi tantangan bagi para pengguna maskara, karena air hujan dapat membuat maskara mudah luntur dan mengotori tampilan mata.

Lima Kelurahan di Kota Bengkulu Terendam Banjir

Bencana banjir melanda sejumlah pemukiman warga di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS