Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi Ingatkan Bonus Demografi Bisa Jadi Boomerang

Jokowi Ingatkan Bonus Demografi Bisa Jadi Boomerang

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, bahwa bonus demografi yang dimiliki Indonesia bisa menjadi boomerang, apabila tidak dikelola dengan tepat.

Jokowi mengingatakan bonus demografi tersebut akan menjadi peluang emas bagi kemajuan negara. Namun di satu sisi, bonus demografi yang hanya terjadi sekali dalam peradaban negara itu juga bisa menjadi bencana.

“Bonus demografi itu hanya terjadi satu kali dalam peradaban sebuah negara. Ini bisa menjadi peluang, tapi ini juga bisa jadi sebuah bencana kalo kita tidak bisa mengelolanya,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (15/6).

Adapun Indonesia, kata Jokowi, akan mengalami puncak bonus demografi pada tahun 2030 mendatang, di mana akan ada 68,3 persen penduduk Indonesia berusia produktif.

Dia lantas mengatakan, bahwa kondisi serupa juga pernah dirasakan oleh beberapa negara, namun mereka gagal memanfaatkan bonus demografi tersebut. Alhasil, bonus demografi yang seharusnya menjadi peluang justru menjadi bencana.

Jokowi lantas mencontohkan, bahwa terdapat sebuah negara yang lapangan pekerjaannya sangat terbata. Sehingga, lulusan S2 pun harus terpaksa bekerja menjadi tukang sapu.

“Saya lihat, saya baca di berita, ini di negara yang lain sangking sulitnya mencari kerja, lulusan S2 yang seharusnya bisa menjadi guru saat ini menjadi tukang sapu, S2,” kata Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengungkap ada negara di Afrika yang mendapat bonus demografi. Namun tingkat penganggurannya malah melonjak menjadi 33,6 persen.

“Kita tidak ingin terjadi seperti itu. Oleh sebab itu, kita harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini,” ujar Jokowi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.