Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizBikin Merinding, Jokowi Cerita Nasib Negara yang Tak Mampu Manfaatkan Bonus Demografi

Bikin Merinding, Jokowi Cerita Nasib Negara yang Tak Mampu Manfaatkan Bonus Demografi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti kepada semua pihak untuk memanfaatkan bonus demografi yang dimiliki Indonesia dengan sebaik mungkin. Sebab, kata dia, bonus demografi akan menjadi bencana, apabila tidak dikelola dengan tepat.

“Bonus demografi itu hanya terjadi satu kali dalam peradaban sebuah negara. Ini bisa menjadi peluang, tapi ini juga bisa jadi sebuah bencana kalo kita tidak bisa mengelolanya,” kata Jokowi dalam keterangannya, Kamis (15/6) yang dikutip Holopis.com.

Adapun Indonesia sendiri, kata Jokowi, akan mengalami puncak bonus demografi pada tahun 2030 mendatang, dimana sebanyak 68,3 persen penduduk Indonesia berusia produktif.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lantas bercerita betapa ngerinya kalau sebuah negara tidak mampu memanfaatkan peluang bonus demografi yang dimiliki.

Jokowi lantas mencontohkan, bahwa terdapat sebuah negara yang masyarakatnya lulusan S2, terpaksa bekerja sebagai tukang sapu.

“Saya lihat, saya baca di berita, ini di negara yang lain sangking sulitnya mencari kerja, lulusan S2 yang seharusnya bisa menjadi guru saat ini, menjadi tukang sapu,” kata Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengungkap terdapat sebuah negara di Afrika yang mendapat bonus demografi. Namun bonus demografi tersebut justru membuat tingkat pengangguran melonjak menjadi 33,6 persen.

“Di sebuah negara di afrika di 2015 juga mendapatkan bonus demografi. Tetapi dalam 7 tahun justru yang terjadi pengangguran melonjak jadi 33,6 persen,” kata Jokowi.

Untuk itu, ia berpesan kepada semua pihak agar betul-betul memanfaatkan peluang bonus demografi ini dengan sebaik mungkin.

“Kita tidak ingin terjadi seperti itu. Oleh sebab itu, kita harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini,” ujar Jokowi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.