BerandaNewsRagamJakarta Fair Dulu Dikenal PRJ, Berawal Dari Pasar Malam

Jakarta Fair Dulu Dikenal PRJ, Berawal Dari Pasar Malam

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jakarta Fair yang berlangsung di JiExpo Kemayoran, dulunya dikenal dengan nama PRJ (Pekan Raya Jakarta). Dalam pembukuan Jakarta Fair 2023, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sedikit bercerita sejarah kehadiran kegiatan tersebut.

“Jakarta Fair atau yang juga dikenal dengan Pekan Raya Jakarta terinspirasi dari pasar malam Gambir yang dahulu setiap tahunnya diselenggarakan di kawasan Monas,” ujar Heru yang dikutip Holopis.com, Kamis (15/6).

“Pada tahun 1968 Syamsuddin Mangan selaku ketua Kadin, mengusulkan suatu ajang Pameran untuk meningkatkan pemasaran produksi dalam negeri,” sambungnya.

Gagasan yang disampaikan ketua Kadin saat itu, termyata disambut baik oleh Gubernur DKI Jakarta kala itu, yakni Ali Sadikin.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Gagasan ini disambut baik oleh Gubernur Bang Ali Sadikin yang ingin menyatukan berbagai pasar malam yang ketika itu masih tersebar di sejumlah wilayah Jakarta menjadi Jakarta Fair,” kata Heru.

Selanjutnya, Pemprov DKI Jakarta menetapkan kegiatan tersebut diadakan setiap HUT Kota Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni setiap tahunnya.

Sejak saat itu, PRJ terus digelar di Monas hingga saat ini menjadi Jakarta Fair Kemayoran (JFK) yang diselenggarakan di JiExpo Kemayoran, Jakarta.

“Semenjak itu pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan Pekan Raya warta atau Jakarta Fair menjadi agenda tetap tahunan yang diselenggarakan dalam rangka perayaan hari ulang tahun kota Jakarta yang diperingati setiap tanggal 22 Juni,” jelasnya.

“Berawal dari pameran di kawasan Monas hingga pindah ke Kemayoran Jakarta Fair terus bertransformasi menjadi ajang pameran modern menampilkan berbagai produk unggulan tanah air dan internasional,” sambung Heru.

Terakhir Heru mengatakan, Jakarta Fair tetap konsisten dalam menghadirkan pameran multi produk yang berkualitas dan menjadikannya jadi salah satu pameran terbesar di Asia Tenggara.

“Bapak presiden hadirin yang saya hormati, tahun ini Jakarta Fair memasuki penyelenggaraan yang ke-54 kalinya perjalanan panjang ini membuktikan bahwa konsistensi dalam menghadirkan pameran multi produk yang berkualitas telah menjadi Jakarta Fair sebagai salah satu pameran terbesar, terlama, dan terlengkap di kawasan Asia Tenggara,” pungkas Heru.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

5 Serum Ini Cocok untuk Kulit Berminyak di Pagi Hari

Kulit berminyak memang memerlukan perawatan khusus agar tetap segar dan seimbang sepanjang hari.

4 Alasan Orang Sering Tergoda Operasi Plastik

Agar bisa lebih mengerti mengapa orang operasi plastik, ini dia beberapa alasan umum yang dimiliki seseorang.

Ini Dia Manfaat Minum Susu di Pagi Hari

Susu merupakan minuman yang telah lama dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia, terutama di pagi hari. Selain bisa langsung diminum, susu juga bisa dinikmati dengan sereal yang bisa mengenyangkan perut.

Pakar Genetika BRIN Nyatakan Bani Alawi Bukan Keturunan Rasulullah SAW

Pakar genetika dan peneliti BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), Sugeng Pondang Sugiharto menyebut bahwa Bani Alawi atau Ba'alawi bukanlah keturunan Rasulullah SAW. Hal ini disampaikan berdasarkan penelitian terhadap sample DNA.

Cuaca Jakarta Bakal Hujan Siang Ini, Cek Prakiraan Lengkapnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Tiga Kabupaten di Sulawesi Tenggara Terendam Banjir

Ribuan warga yang tersebar di tiga Kabupaten Provinsi Sulawesi Tenggara terdampak bencana banjir.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS