HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah naga atau pitahaya merupakan buah tropis yang memiliki kulit berwarna merah cerah dan daging berbintik yang manis. Tak hanya memiliki tampilan yang unik, buah yang satu ini juga banyak digemari. Hal ini karena terdapat nutrisi penting yang terkandung didalamnya.

Buah naga juga mudah dikonsumsi, simak penjelasan berikut ini guna mengetahui apa saja manfaat dalam buah naga baik dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan minuman seperti jus. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Rabu (14/6).

1. Membantu Melawan Penyakit Kronis

Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang rentan menimbulkan kerusakan pada sel, hal ini berisiko menyebabkan peradangan dan penyakit. Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk melawannya yaitu, dengan mengkonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga. Adapun, antioksidan bekerja dengan cara menetralisir radikal bebas hal ini dapat mencegah terjadinya kerusakan sel dan peradangan pada tubuh. Studi The oxidative stress theory of disease: levels of evidence and epistemological aspects menyatakan, diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah sejumlah penyakit kronis. Mulai dari diabetes, radang sendi, penyakit jantung, hingga kanker.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi adalah, kualitas pola makan seseorang. Itu sebabnya, kandungan vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Selain itu, keduanya juga dapat mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan. Maka, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi jus buah naga secara rutin untuk mendapatkan manfaat baik di dalamnya.

3. Meningkatkan Keseimbangan Bakteri

Manfaat lainnya dari buah naga yaitu, meningkatkan kesehatan pencernaan seseorang. Usus manusia yang merupakan ‘rumah’ bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam dan termasuk 400 spesies bakteri. Banyak ahli juga beranggapan bahwa, komunitas mikroorganisme yang ada pada usus akan berdampak bagi kesehatan manusia. Hal ini karena, beberapa penelitian mengaitkan bila keseimbangan mikroorganisme dalam usus dapat memicu kondisi seperti penyakit jantung atau asma. Berbicara mengenai buah naga, buah ini mengandung prebiotik sehingga berpotensi membantu meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam usus.

Itulah beberapa manfaat dari konsumsi jus buah naga yang mengandung berbagai nutrisi penting.