Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hati-hati! Ini 3 Bahaya Kopi bagi Penderita Maag

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bila anda salah satu penderita maag, cobalah untuk mempertimbangkan kembali bila ingin mengkonsumsi kopi. Pasalnya, dampak kopi bagi penderita maag dapat berupa lambung terasa penuh, melilit, mual, dan lemas.

Umumnya, maag terjadi akibat proses infeksi lambung oleh bakteri Helicobacter pylori. Selain itu, hal ini juga dapat terjadi karena produksi asam lambung berlebihan karena dipengaruhi beberapa faktor, termasuk minuman seperti kopi.

Berikut ini simak penjelasannya, agar mengetahui bagaimana mekanisme kopi dapat memperburuk kondisi lambung penderita maag. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Klikdokter, Sabtu (10/6).

1. Kafein Menaikkan Hormon Adrenalin

Kandungan kafein yang terkandung dalam kopi, dapat memicu naiknya hormon epinefrin atau yang dikenal dengan adrenalin dan norepinefrin. Sehingga, dapat meningkatkan tekanan darah dan frekuensi denyut jantung. Ketika hal ini terjadi, aliran darah yang menuju ke sistem pencernaan dapat berkurang, sehingga menghambat proses pencernaan makanan yang juga menyebabkan mukosa lambung terpapar lebih lama dengan asam lambung. Akibatnya, kesehatan mukosa lambung penderita maag akan semakin memburuk.

2. Kafein Meningkatkan Hormon Stres (Kortisol)

Selain dapat memicu hormon adrenalin, kafein dalam kopi juga dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon stres dalam tubuh. Sehingga, sistem ketahanan tubuh dapat menurun. Ketika kondisi ini terjadi, bakteri Helicobacter pylori dapat dengan mudah menyerang mukosa lambung dan dapat membentuk ulkus atau luka yang memperparah kondisi maag.

3. Kopi Memiliki Kadar Zat Asam yang Tinggi

Dalam kopi terdapat kandungan zat asam yang sangat tinggi, sehingga dapat merangsang produksi asam lambung secara berlebihan. Hal inilah yang dapat memperburuk kondisi lambung penderita maag, itu sebabnya penderita lambung harus memikirkan kembali bila ingin meminum kopi.

Itulah bahaya konsumsi kopi bagi penderita maag, agar terhindar dari semua kondisi yang telah disebutkan sebelumnya. Sebaiknya, hindari konsumsi kopi bagi penderita maag agar kesehatan tetap terjaga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru