Categories: Ekobiz

Mentri KP Sebut Pemerintah Belum Jalankan Regulasi Ekspor Pasir Laut

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan (KP), Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, bahwa pemerintah sampai saat ini belum menjalankan regulasi ekspor pasir laut yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26/2023.

Dia menjelaskan, bahwa hal itu karena belum adanya aturan turunan yang mendukung PP tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut tersebut, yang dalam hal ini adalah peraturan menteri (permen) KP.

“Belum jadi (jalan). PP tidak bisa jalan kalau belum ada Peraturan Menteri dan lainnya,” kata Trenggono dalam keterangannya, Jumat (8/6) yang dikutip Holopis.com.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk membuka kembali keran ekspor pasir laut melalui PP Nomor 26/2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut, yang diteken pada 15 Mei 2023.

Keputusan itu pun sempat menyedot perhatian publik, sebab sebagaimana diketahui, sudah 20 tahun keran ekspor pasir laut sudah ditutup rapat-rapat. Namun kembali dibuka oleh Presiden Jokowi di tahun ini.

Meski begitu, Trenggono memastikan, bahwa ekspor pasir laut merupakan opsi terakhir dalam PP terbaru tentang pengelolaan hasil sedimentasi tersebut.

Dia menegaskan, bahwa pemerintah dalam PP tersebut lebih mengutamakan pengelolaan sedimentasi hasil laut, yang salah satunya pasir laut untuk kebutuhan reklamasi dalam negeri.

“Saya berpikirnya bukan ekspor. Saya berpikirnya mengelola sedimentasi supaya reklamasi-reklamasi yang ada di dalam negeri. Jadi jangan menggunakan selain sedimentasi,” ujar Trenggono.

Menurutnya, PP tersebut merupakan langkah tepat pemerintah untuk mengelola pengerukan pasir laut dalam negeri yang selama ini dibiarkan begitu saja tanpa adanya aturan.

Dengan adanya PP tersebut, lanjut Trenggono, diharapkan tidak ada lagi pengambilan pasir laut secara ilegal dan masif, termasuk pengambilan pasir dari pulau.

“Kalau tidak (diatur), nanti semua main diambil saja untuk kepentingan reklamasi. Ingat ya, saya tidak bicara ekspor,” paparnya.

Khoirudin Ainun Najib

Share
Published by
Khoirudin Ainun Najib

Recent Posts

Kunci Gitar Tak Selalu Memiliki (Ipar Adalah Maut) – Lyodra Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Penyanyi muda berbakat, Lyodra Ginting, kembali meramaikan industri musik Indonesia dengan merilis…

22 menit ago

Afifuddin Ogah Mundur Meski Dikritik Mahfud MD

Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin menanggapi kritik yang dilontarkan Mahfud MD usai pemberhentian Hasyim…

52 menit ago

Kunci Gitar Masih Hatiku – Arsy Widianto, Tiara Andini Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Dunia musik Indonesia kembali bergemuruh dengan perilisan lagu kolaborasi terbaru dari Arsy…

1 jam ago

Jokowi Tak Kunjung Tanda Tangani Pemberhentian Hasyim Asyari

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengaku belum menandatangani Keppres pemberhentian Hasyim Ashari dari posisi Ketua KPU…

2 jam ago

Kunci Gitar Lampu Kuning – Juicy Luicy Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Grup musik pop Indonesia, Juicy Luicy, kembali memanjakan para penggemarnya dengan merilis…

2 jam ago

Park Seo Joon Akan Bintangi Drakor Romantis Baru, Apa Ya Judulnya?

Aktor Korea Selatan Park Seo Joon akan membintangi drama romantic terbaru yang berjudul Waiting for…

3 jam ago