HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tak sedikit orang yang mengeluh perut kembung dan begah, hal ini terjadi saat terlalu banyak konsumsi karbohidrat atau kurang gerak. Keduanya memang dapat mengganggu fungsi saluran cerna, karena karbohidrat jenis tertentu tidak dapat dicerna perut dengan baik.

Sementara itu, kurang gerak akan membuat gerakan pencernaan lebih lambat dan gas terjebak di saluran cerna. Perut kembung dan begah merupakan kondisi ketika perut anda terasa penuh dan kencang, penyebabnya sendiri sering terjadi karena akumulasi gas. Rasa kembung dan begah dapat menyebabkan nyeri perut, rasa tidak nyaman, dan perasaan ‘penuh’ pada perut.

Umumnya, ketika perut kembung dan begah maka akan tampak lebih besar dari biasanya. Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui cara pencegahannya seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Klikdokter, Sabtu (10/6).

1. Hindari Minuman Bersoda

Dalam saluran pencernaan, terdapat dua sumber gas yaitu gas yang diproduksi oleh bakteri di dalam usus, dan udara atau gas yang tertelan ketika anda makan atau minum.

Salah satu penyebab terjadinya perut kembung dan begah adalah minuman bersoda. Pasalnya, jenis minuman ini mengandung gelembung udara dengan karbon dioksida yang akan dilepaskan dari cairan ketika mencapai saluran cerna. Akibatnya perut akan terasa kembung, selain itu mengunyah permen karet, minum melalui sedotan, serta makan sambil berbicara atau terburu-buru juga akan meningkatkan jumlah udara yang tertelan.

2. Mengunyah Makan Lebih Lama

Penelitian American Journal of Clinical Nutrition menyatakan, mengunyah makanan lebih lama saat makan akan membantu mengurangi resiko perut kembung dan begah.

Dengan mengunyah lebih lama, maka udara yang tertelan bersamaan dengan makanan (penyebab kembung dan begah) juga akan ikut berkurang.

Tak hanya itu, mengunyah makanan lebih lama juga akan membuat porsi makan anda lebih kecil.

3. Cegah Konstipasi

Konstipasi kerap dialami banyak orang, study The American Journal of Gastroenterology menyebutkan bahwa kondisi ini dapat mencetuskan keluhan perut kembung dan begah.

Untuk mencegahnya, anda perlu memenuhi kebutuhan serat secara memadai, olahraga teratur, serta minum air putih yang cukup. Adapun, rekomendasi serat yang dianjurkan bagi wanita yaitu 25 gr setiap harinya, dan bagi pria 38 ge setiap harinya.

4. Hindari Konsumsi Makanan tertentu secara Berlebihan

Perlu diketahui, beberapa makanan tinggi serat dapat membuat seseorang memproduksi gas di dalam saluran pencernaan lebih banyak. Akibatnya, perut anda terasa kembung dan begah.

Adapun jenis makanan-makanan tersebut seperti, kacang-kacangan, kol, tauge, bawang, daun selada, nasi merah, ubi, dan gandum. Tentu saja asupan tinggi serat sangat baik bagi kesehatan, namun jika anda sering mengalami kembung dan begah ada baiknya hindari dahulu konsumsi jenis makanan tersebut secara berlebihan.

Dalam banyak kasus, gejala perut kembung dan begah dapat anda hilangkan atau cegah dengan perubahan gaya hidup seperti di atas.

Selain itu, anda juga dapat mengatasinya dengan obat berbahan alami seperti jahe merah, nanas, royal jelly, madu, adas, peppermint, kunyit, serta akar manis yang semuanya dapat ditemukan pada gazero.