Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ternyata ini 5 Penyebab Rambut Berminyak, Catat Solusinya !

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Rambut sering disebut-sebut sebagai mahkota wanita. Hal ini karena, memiliki rambut indah, berkilau, dan tebal dapat membuat orang tersebut semakin percaya diri. Lalu bagaimana dengan seseorang yang memiliki jenis rambut berminyak?

Sebenarnya, minyak pada kulit kepala dapat membuat rambut anda tampak berkilau. Namun, bila produksi minyak terlalu berlebihan hal ini akan membuat rambut cenderung mudah kotor, lepek, dan tidak bervolume, sehingga nampak kurang indah.

Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui apa saja penyebab rambut dapat berminyak secara berlebihan, serta solusinya mengatasinya. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Rabu (7/6).

Penyebab Rambut Berminyak

1. Hormon

Hormon diketahui juga turut berperan dalam produksi minyak pada kulit dan rambut. Sehingga, kadar hormon yang tinggi dapat memicu kulit memproduksi lebih banyak minyak. Adapun, peningkatan hormon ini biasanya terjadi pada usia remaja, wanita yang sedang menstruasi, dan wanita hamil. Salah satu hormon yang dapat mempengaruhi produksi minyak berlebih pada kulit kepala dan rambut yaitu, hormon androgen.

2. Faktor Genetik

Memiliki rambut yang berminyak, mungkin saja merupakan faktor keturunan dari orang tua. Misalnya, bila ibu atau ayah anda memiliki rambut berminyak, maka anda juga berpotensi besar untuk memiliki rambut berminyak juga.

3. Kebiasaan

Jika anda memiliki kebiasaan membelai rambut dengan tangan, hal ini juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab rambut berminyak. Pasalnya, tangan merupakan bagian tubuh yang mudah kotor karena sering digunakan untuk menyentuh apa saja, dan bila anda baru saja memegang makanan atau sesuatu yang berminyak, lalu langsung membelai rambut. Tidak heran rambut anda akan menjadi kotor dan berminyak. Itu sebabnya, sebaiknya anda membiasakan diri untuk tidak sering-sering menyentuh rambut dengan tangan, atau membersihkan tangan sebelum menyentuh rambut.

4. Cara Merawat Rambut yang Salah

Perawatan rambut yang salah dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala anda. Misalnya, menggosok kulit kepala dengan kencang ketika keramas, alih-alih lebih bersih hal ini justru akan membuat kulit kepala anda iritasi. Sehingga, dapat memicu produksi minyak secara berlebih. Selain itu, mencuci rambut terlalu sering sebanyak dua kali dalam sehari juga dapat membuat rambut berminyak semakin parah.

5. Penyakit Tertentu

Ketika kulit kepala dan rambut berminyak, hal ini juga bisa menjadi pertanda adanya suatu masalah kesehatan tertentu, seperti dermatitis seboroik. Penderitanya akan mengalami gejala lainnya yaitu, rambut berketombe, bercak kemerahan di kulit, disertai dengan rasa gatal yang membuat kulit mengelupas.

Solusi Rambut Berminyak

Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengurangi ataupun mengatasi minyak pada rambut:

1. Keramas cukup satu kali sehari saja dan lakukan setiap hari.
2. Menggunakan shampo khusus bagi rambut berminyak yang bermanfaat untuk membersihkan rambut, tanpa memicu produksi minyak berlebih.
3. Gunakan masker lidah buaya, aplikasikan pada rambut karena bahan alami ini efektif mengurangi minyak dan membuat rambut sehat, kuat, serta berkilau.
4. Bilas rambut dengan teh hijau, hal ini karena zat tanin didalamnya diyakini dapat mengatasi minyak berlebih sekaligus menutrisi kulit kepala.
5. Mencuci rambut dengan campuran air dan cuka sari apel, bahan alami ini dipercaya dapat membantu menyemimbangkan kadar pH di kulit kepala.

Itulah penyebab-penyebab rambut menjadi berminyak secara berlebihan, serta tips-tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru