HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salah satu terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di wilayah NTB (Nusa Tenggara Barat) dengan inisial MT, ternyata bergabung dengan Al Qaeda di Yaman. Keberangkatan MT ke Yaman difasilitasi oleh seseorang berinisial YR.

“MT difasilitasi oleh YR untuk berangkat ke Yaman dan bergabung dengan organisasi AQAP (cabang Al Qaeda),” kata Karo Penmas Divis Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Minggu (4/6).

Kemudian Ramadhan juga mengatakan, terduga teroris ES yang ditangkap di Tulungagung, Jawa Timur juga sempat berangkat ke Yaman pada 14 Desember 2014.

“Tersangka ES alias L berangkat ke Yaman pada 14 Desember 2014 bersama 4 rekan lainnya, yakni HS, AAK, MT, dan MAA, yang difasilitasi oleh ABU (menurut keterangan MT), terkait hal tersebut saat ini masih terus dilakukan pengembangan,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, 3 orang yang diduga teroris, berhasil ditangkap pihak Densus 88 dalam kurun waktu satu pekan dari dua wilayah. 2 orang ditangkap di wilayah Jawa Timur, dan 1 orang lagi diamankan Polisi di wilayah NTB (Nusa Tenggara Barat).

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan terduga teroris di NTB berinisial MT yang berhasil ditangkap pada Rabu (31/5) sekitar pukul 01.39 WITA. MT disebut, tergabung dengan organisasi cabang Al Qaeda.

Kemudian, terduga teroris di Jawa Timur berhasil ditangkap pada Sabtu (3/6) di wilayah Banyuwangi. “Pada hari Sabtu, 3 Juni 2023, telah berhasil ditangkap 1 tersangka terduga teroris di Banyuwangi, Jawa Timur, dan saat ini masih terus dilakukan pengembangan,” jelasnya.

Terakhir, Polisi berhasil menangkap satu orang lagi berinisial ES alias L di Tulungagung, Jawa Timur pada Minggu (4/6) sekitar pukul 12.05 WIB.