BerandaNewsEkobizMendag Klaim Harga Bahan Pokok Jelang Idul Adha Stabil

Mendag Klaim Harga Bahan Pokok Jelang Idul Adha Stabil

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan alias Zulhas mengklaim, harga bahan pokok (bapok) menjelang Hari Raya Idul Adha 2023 masih terbilang stabil. Dari sisi, Zulhas juga mengklaim masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Zulhas usai meinjau harga bahan pangan di Pasar Besar, Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Sabtu (3/6) kemarin.

“Harga bapok di Pasar Besar terpantau stabil dan stok tersedia, walaupun ada kenaikan harga pada daging ayam ras dan beras,” kata Zulhas dalam keterangan tertulis yang diterima Holopis.com, Minggu (4/6).

Zulhas pun menyebut, bahwa harga rata-rata eceran bapok yang tercatat stabil dibandingkan minggu lalu yaitu beras medium Bulog yang berada di angka Rp9.500 per kilogram (kg).

Penerbit Iklan Google Adsense

Kemudian harga gula pasir Rp15.000 per kg, minyak goreng curah Rp14.000 per liter, MinyaKita Rp15.000 per liter, minyak kemasan premium Rp22.500 per liter, daging sapi Rp145.000 per kg, kedelai Rp17.000 per kg, dan cabai rawit merah Rp40.000 per kg.

“Komoditas bapok yang harganya terpantau turun dibandingkan
minggu lalu yaitu telur ayam ras Rp32.000 per kg, bawang merah Rp38.000 per kg, tepung terigu Rp13.000 per kg, cabai merah keriting Rp50.000 per kg, cabai merah besar Rp40.000 per kg, dan bawang putih kating Rp36.000 per kg,” ujarnya.

Sementara itu, komoditas bapok yang harganya mengalami sedikit kenaikan dibandingkan minggu lalu yaitu beras medium menjadi Rp14.000 per kg serta daging ayam ras menjadi Rp49.000 per kg.

Adapun terkait adanya kenaikan harga daging ayam ras, Zulhas mengatakan bahwa pihaknya masih akan melihat kembali dalam waktu 2-4 minggu ke depan sebelum melakukan intervensi dalam menstabilisasi harga.

Sebab menurutnya, sudah hampir tiga bulan harga daging ayam ras dijual Rp32.000 per kg atau di bawah harga acuan di tingkat eceran yang ditetapkan sebesar Rp36.750 per kg. Sehingga membuat peternak ayam berbulan-bulan rugi.

“Sekarang memang agak mahal. Pelan-pelan saya akan urus agar harganya normal kembali dalam setengah bulan hingga satu bulan ke depan dan memberi kesempatan kepada peternak ayam,” ujar Zulhas.

Dia pun menegaskan, bahwa pemerintah akan mengatur agar harga bapok tetap berada pada posisi ideal, yakni tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

“Harga jangan ditekan terus. Kalau ditekan terus, nanti orang-orang tidak akan kerja, yang sedang saja,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS