BerandaNewsKesehatanSebelum Terima Tantangan Tenggak Espresso, Baca Ini Dulu!

Sebelum Terima Tantangan Tenggak Espresso, Baca Ini Dulu!

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Media sosial (medsos) tak henti-hentinya menampilkan tantangan atau challenge yang unik dan menantang. Salah satunya yakni challenge minum espresso dalam sekali tenggakan.

Dalam sejumlah unggahan di platform media sosial berbasis video seperti Instagram Reels dan TikTok, challenge tersebut banyak dilakukan oleh para barista kepada pelanggannya. Mereka memberikan tantangan kepada para pelanggannya yang sanggup menghabiskan espresso one shot dengan imbalan atau reward berupa uang tunai.

Nah sebelum menerima tantangan tersebut, ada baiknya Sobat Holopis untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu espresso dan efek sampingnya.

Apa itu espresso

Espresso merupakan jenis minuman yang dihasilkan dengan melakukan mengekstraksi pada biji kopi menggunakan mesin atau alat brewing kopi manual, dengan tekanan sekitar 9 bar. Pada umumnya Espresso dibuat dengan menggunakan air panas dan di-brew pada tekanan suhu yang cukup tinggi.

Menurut ‘hukum minum kopi’ ala orang Italia, espresso lebih baik diminum ketika crema atau lapisan kuning pada permukaan kopi masih ada, dan meminumnya dalam satu kali tegukan sekaligus.

Efek samping espresso

1. Mengganggu tidur

Sama seperti kopi pada umumnya, espresso juga penuh dengan kafein yang dapat membuat Sobat Holopis terjaga lebih lama dari yang diinginkan, atau membuat Sobat Holopis gelisah saat tidur.

2. Membuat cemas

Efek samping lain dari kafein yakni melepaskan adrenalin dalam tubuh yang memicu efek kecemasan. Kafein juga dapat meningkatkan kewaspadaan dengan memblokir efek adenosin, zat kimia otak yang membuat seseorang merasa lelah.

Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5), yang diterbitkan oleh American Psychiatric Association mengakui, bahwa gangguan kecemasan yang diinduksi kafein sebagai kondisi dimana kafein dapat mengganggu keseharian seseorang.

3. Meningkatkan detak jantung

Terlalu banyak mengonsumsi kafein juga dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat atau bahkan mengubah ritme detak jantung. Ini juga disebut sebagai fibrilasi atrium yang banyak terjadi pada orang muda yang mengonsumsi minuman energi dengan kandungan kafein berdosis sangat tinggi.

4. Sering buang air kecil

Espresso dapat membuat seseorang yang mengonsumsinya merasa dehidrasi, karena minuman berkafein memiliki efek diuretik ringan. Dengan demikian, minuman espresso ini membuat penikmatnya sering buang air kecil.

5. Menimbulkan masalah pencernaan

Sama seperti halnya dengan jenis kopi lainnya, espresso juga memiliki efek pencahar terkenal yang dikaitkan dengan pelepasan gastrin atau hormon yang diproduksi perut, yang efeknya dapat mempercepat aktivitas di usus besar.

Namun, jika minum kopi secara berlebihan juga bisa menyebabkan mencret atau bahkan diare pada beberapa orang yang memiliki masalah dengan organ lambung mereka.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Puluhan Warga Lumajang Terdampak Banjir Lahar Dingin

Sejumlah warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur lakukan evakuasi mandiri ke tempat lebih aman pasca banjir lahar dingin Gunung Semeru.

TERPOPULER

Soal Amicus Curiae, Wasekbid Hankam PB HMI Jangan “Sandera” Kemandirian Hakim MK”

Muhammad Nur Latuconsina menilai, penggunaan istilah amicus curiae tidak ditemukan dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, maupun UU Nomor 24 tahun 2003 tentang MK terkait penanganan Pilpres.

Rekomendasi :