Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Wisatawan Akan Dilarang Mendaki 22 Gunung di Bali

HOLOPIS.COM, BALI – Wisatawan asing maupun lokasi akan dilarang termasuk warga Bali, untuk mendaki 22 gunung yang ada di wilayah Bali. Larangan tersebut, diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) karena menganggap gunung-gunung tersebut adalah tempat sakral yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Karena gunung sudah ada bhisama, itu merupakan kawasan yang disucikan. Maka dari itu kita melarang pendakian gunung,” kata Gubernur Bali, Wayan Koster dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Kamis (1/6).

“Kecuali akan ada pelaksanaan upakara atau penanganan kebencanaan dan kegiatan khusus lainnya. Jadi bukan untuk kegiatan wisata lagi,” sambung Koster.

Sebelumnya pada awal tahun 2023, dilaporkan bule bertindak tidak sopan di puncak gunung. Kemudian muncul wacana, pembatasan pendakian gunung di Bali dengan alasan gunung merupakan area sakral buat warga Bali.

Namun, sejumlah pendaki keberatan dengan wacana tersebut. Karena, akan berdampak pada masyarakat yang menggantungkan hidup dari wisata gunung.

Sebagai informasi, Bali memiliki 23 gunung yang tersebar 6 wilayah Kabupaten. Seperti di Karangasem yang memiliki 3 gunung, salah satunya Gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi di Bali.

Kemudian, di Jembrana ada 5 gunung, tertinggi gunung Merbuk. Lalu 4 gunung di wilayah Kabupaten Tabanan, tertinggi Gunung Batukaru.

3 gunung lagi ada di Kabupaten Bangli, tertinggi Gunung Abang. Terakhir, 7 gunung di Kabupaten Buleleng, tertinggi Gunung Silang Jana.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru