Selasa, 25 Juni 2024
BerandaNewsKesehatanKaki Pecah-pecah? Ini Solusi Tepat yang dapat Dilakukan

Kaki Pecah-pecah? Ini Solusi Tepat yang dapat Dilakukan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kaki pecah-pecah terjadi karena kulit di daerah kaki sangat kering. Sehingga, membuat kulit mudah retak ketika anda menapakkan kaki. Selain itu hal ini juga dapat mengganggu penampilan, serta rasa perih pada telapak kaki.

Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui solusi terbaik yang dapat anda lakukan ketika kaki pecah-pecah. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Rabu (31/5).

1. Jangan Biarkan Sisa Sabun Menempel di Kaki

Kandungan bahan kimia yang keras pada beberapa sabun, dapat membuat kulit semakin kering. Namun, bukan berarti anda tidak boleh membersihkan daerah kaki, tetapi pastikan anda menggunakan sabun dengan bahan kandungan yang lembut serta dibilas dengan bersih setelahnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

2. Gunakan Krim Kaki

Untuk mengurangi kulit kaki pecah-pecah, anda dapat menggunakan krim kaki. Pilihlah krim yang mengandung dimethicone, pasalnya krim dengan kandungan tersebut dapat melembabkan kulit kering. Agar penggunaannya lebih optimal dan diserap maksimal oleh kulit, sebaiknya oleskan krim setelah anda mandi.

3. Cukupi Asupan Cairan Tubuh

Jika anda kekurangan cairan tubuh, dapat membuat mulut dan tenggorokan terasa kering, begitu pula dengan kulit anda. Kulit kering juga disebabkan oleh kurangnya air pada lapisan kulit, itu sebabnya penting untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setidaknya dengan konsumsi 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya. Bila kulit terhidrasi dengan baik, perlahan kaki pecah-pecah yang anda alami akan segera membaik.

4. Gunakan Petroleum Jelly

Penggunaan produk ini dapat membantu mengembalikan kelembaban kulit pada telapak kaki anda. Hal ini karena, proses penyerapan yang cukup lama, anda dapat menggunakannya pada malam hari sebelum tidur dengan kaos kaki yang bersih dan nyaman, lalu diamkan semalaman.

Kaki pecah-pecah, umumnya ikut disertai dengan mengerasnya jaringan kulit atau disebut dengan kapalan. Kondisi ini dapat ditangani dengan cara mengoleskan obat yang mengandung asam salisilat, atau menggunakan masker kaki dengan bahan aktif yang dapat mengangkat kulit mati. Serta terapkan beberapa langkah yang telah dijelaskan sebelumnya, agar terhindar dari kaki pecah-pecah.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Manfaat Kacang Polong, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kacang polong merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan jenis makanan apapun, mulai dijadikan sebagai camilan hingga olahan masakan. Selain lezat dikonsumsi,...

Tips Ampuh Atasi Insomnia dengan Mudah

Insomnia atau kesulitan tidur adalah masalah umum yang dapat memengaruhi kualitas dan produktivitas hidup seseorang secara signifikan.

Mengenal Glaukoma, Penyakit yang Bisa Bikin Buta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komedian Adul sempat membuat kehebohan setelah sebuah gossip menyebutkan bahwa ia mengalami kebutaan. Klaim kebutaan itu terjadi disebutkan karena penyakit glaukoma...

Keju Gak Cuman Lezat, Tapi Juga Bikin Sehat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagian besar orang di dunia ini suka mengonsumsi keju, bahkan di sebagian belahan dunia keju jadi salah satu makanan pokok setiap...

Mengapa Daging Tak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak? Begini Penjelasannya

Ketika mempersiapkan daging untuk dimasak, banyak orang memiliki kebiasaan mencuci daging terlebih dahulu. Mereka berpikir bahwa mencuci daging dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin ada.

Banyak Makan Daging? Minum Ini Biar Gak Kolestrol!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Salah satu penyebab kolestrol adalah karena terlalu banyak menyantap daging. Apalagi di momen hari besar seperti Idul Adha, dimana masyarakat Indonesia...

HOLOPIS FEEDS