Edward James Olmos Buka-bukaan Soal Kanker Tenggorokan yang Menggerogoti Kesehatannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Aktor kawakan Edward James Olmos membuat kabar mengejutkan dengan mengungkapkan bahwa dirinya menderita kanker tenggorokan.

Dalam sebuah podcast, Olmos menceritakan tentang diagnosis kankernya. Namun, aktor yang merupakan nominator Academy Award itu mengungkapkan bahwa dia baru saja mengalahkan kanker tenggorokan tersebut.

“20 Desember adalah radiasi terakhir saya,” katanya dalam podcast Mando and Friends seperti dikutip Holopis.com, Selasa (30/5).

“Minggu sebelumnya, saya telah menyelesaikan kemoterapi saya dan (selama) berbulan-bulan saya menjalani radiasi dan kemoterapi karena menyerang tenggorokan saya,” lanjutnya.

Pertempuran Edward James Olmos dengan Kanker Tenggorokan

Perjuangan Olmos melawan kanker diawali dengan kisahnya saat bertemu dengan lima dokter sebelum menjalani perawatan, dengan semua dari mereka memperingatkan dia bahwa mereka tidak tahu seperti apa suaranya nanti (setelah menjalani kemoterapi).

Aktor, yang terkenal karena perannya dalam Stand and Deliver (1988), Battlestar Galactica dan Miami Vice yang asli ini, mempertanyakan apa artinya semua itu.

“Kami menembak pita suara Anda. Kami menembak tenggorokan Anda. Di mana Anda makan, di mana Anda menelan, di mana Anda berbicara, bernapas, semuanya lewat di sini,” jelas Olmos sambil mengingat perkataan para dokter.

Aktor berusia 76 tahun itu mengakui bahwa proses pemulihannya sulit, ia bahkan mengatakkan bahwa berat badannya turun hampir 25 kilogram saat menjalani kemoterapi.

“Ada kalanya dalam beberapa bulan saya menyerah menjalani perawatan tubuh,” kata Olmos.

“Dan saya tidak ingin makanan saya melewati perut saya. Mereka ingin memasukkan tabung dan memberi saya nutrisi karena saya tidak bisa menelan. Mereka harus memasukkan 2.500 kalori ke dalam tubuh saya setiap hari. Itu konyol. Itu dulu. begitu sulit,” kenangnya.

Namun, sejak bebas dari kanker, Olmos telah berupaya membangun kembali kekuatannya dengan berenang setiap hari, mendayung, dan mengangkat beban. Selain mendapatkan kembali kekuatan fisiknya, Olmos juga menyatakan bahwa perjuangannya melawan kanker mengubah cara pandangnya terhadap kehidupan.

“Itu adalah pengalaman yang mengubah saya, pemahaman tentang betapa indahnya hidup ini,” katanya.

Sekedar untuk diketahui, Olmos saat ini sedang menjalani peran sebagai Felipe Reyes di musim kelima dan terakhir dari film seri Mayans M.C., yang tayang perdana pada 24 Mei 2023.

Exit mobile version