HOLOPIS.COM, JAKARTA – BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memprediksi, hujan lebat lebih dari 50 milimeter serta angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam terjadi di sejumlah provinsi pada Selasa 30 Mei 2023.

Dikutip Holopis.com dari laman BMKG, Selasa (30/5), potensi hujan lebat terjadi di provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Kondisi serupa juga terjadi di Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.

Sedangkan potensi angin kencang terjadi di provinsi Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Maluku dan Papua Barat.

Kemudian potensi hujan disertai kilat atau petir juga harus diwaspadai oleh wilayah Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

Lalu potensi hujan disertai kilat atau petir, berpeluang terjadi di provinsi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Papua.

Adanya hujan lebat dan angin kencang yang disertai kilat atau petir akhirnya membuat beberapa wilayah berpotensi mengalami banjir seperti Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.