Sabtu, 22 Juni 2024
BerandaOtoteknoTeknoNeuralink Dapat Izin dari FDA Pasang Chip di Otak Manusia

Neuralink Dapat Izin dari FDA Pasang Chip di Otak Manusia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Neuralink yang merupakan perusahaan implan otak milik Elon Musk, sepertinya akan segera memulai rencananya untuk menguji perangkatnya pada manusia. Hal tersebut dilakukan setelah otoritas kesehatan Amerika Serikat (FDA) memberikan izin studi klinis pada manusia.

“Kami sangat senang untuk berbagi bahwa kami telah menerima persetujuan FDA untuk meluncurkan studi klinis manusia pertama kami,” tulis akun Twitter @neuralink yang dikutip Holopis.com, Senin (29/5).

“Ini adalah hasil kerja luar biasa oleh tim Neuralink dalam kerja sama erat dengan FDA dan merupakan langkah penting pertama yang suatu hari akan memungkinkan teknologi kami membantu banyak orang,” sambungnya.

Namun, Neuralink mengaku belum menjelaskan secara rinci terkait dengan uji klinis yang akqn dilakukan.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Rekrutmen belum dibuka untuk uji klinis kami. Kami akan segera mengumumkan informasi lebih lanjut tentang ini,” katanya.

Elon Musk sebenarnya sudah lama menguraikan rencananya tersebut, bahkan ia sangat yakin dengan keamanan perangkat itu sehingga bersedia menanamkannya pada anak-anaknya sendiri.

Sebagai informasi, Neuralink saat ini sedang kembangkan implan otak yang diklaim akan membantu pengguna lumpuh mengontrol teknologi eksternal hanya dengan sinyal dari otak.

Nantinya, akan ada chip yang dipasang dan diyakini bisa membantu pengguna disabilitas untuk menggunakan komputer atau teknologi lainnya. Chip tetsebut, dirancang untuk menerjemahkan sinyal yang dibuat di otak dan mengirimkan informasi itu ke perangkat lewat Bluetooth.

Namun, agar chip bisa dipasang di otak, pasien Neuralink harus menjalani operasi otak yang invasif. Perangkat ini seukuran koin besar dan dirancang untuk ditanamkan di tengkorak, dengan kabel ultra tipis yang langsung masuk ke otak.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Syam Basrijal Nilai Gangguan Pusat Data Nasional Bentuk Kelemahan Pemerintah Jalankan Sistem Layanan Publik

Analis dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal menilai bahwa kerusakan sebuah sistem memang wajar saja terjadi, namun semua itu bisa diantisipasi sedini mungkin sebelum kerusakan itu berdampak pada layanan publik seperti sistem pemerintahan.

Pusat Data Nasional Kominfo Rusak, Kantor Imigrasi Kalang Kabut

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) mengungkapkan, semua layanan keimigrasian di dalam negeri saat ini terdampak gangguan sistem Pusat Data Nasional (PDN).

Kirim Foto dan Video di WhatsApp Bisa Auto HD, Gak Burik Lagi Deh

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fitur berkirim media visual, baik gambar maupun video di aplikasi pesan instan di WhatsApp dengan kualitas tinggi atau HD memang sudah...

Syam Basrijal Sebut Keamanan Data Privasi Tanggung Jawab Negara

Praktisi sekaligus pegiat keamanan data, Syam Basrijal menerangkan bahwa keamanan data menjadi sesuatu yang sangat penting. Sebab, data menjadi hal yang sangat private dimiliki oleh setiap individu.

Season 32 Game MLBB Segera Berakhir, Catat Tanggalnya!

Halo! Para penggemar game Mobile Legends Bang-Bang (MLBB). Season ke-32 akan segera berakhir, dan kini sebentar lagi seluruh pemain akan merasakan bersama-sama pergantian seasonnya menuju season ke-33.

Mengerikan! GPT-4 Jadi Makin Mirip Manusia

Penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa batas antara manusia dan mesin semakin tipis, dimana dalam percakapan antara keduanya semakin sulit dibedakan.

HOLOPIS FEEDS