Sabtu, 22 Juni 2024
BerandaOtoteknoTeknoNegara G7 Bakal Bahas Regulasi AI Pekan Depan

Negara G7 Bakal Bahas Regulasi AI Pekan Depan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Para pejabat negara-negara yang tergabung dalam forum G7 akan melakukan pertemuan guna membahas perihal regulasi Artificial Intelligence (AI), seperti ChatGPT pada Selasa (30/5) pekan depan.

Menteri komunikasi Jepang, Takeaki Matsumoto mengatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan langkah lanjutan dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 pekan lalu.

“Pekan lalu, G7 sepakat membuat forum antar pemerintah bernama Proses AI Hiroshima, untuk memperdebatkan masalah AI,” kata Matsumoto dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (26/5).

Adapun dalam KTT G7 yang berlangsung di Hiroshima, Jepang beberapa waktu lalu, para pemimpin juga menyerukan untuk mengembangkan dan mengadopsi standar teknis internasional terkait teknologi AI.

Penerbit Iklan Google Adsense

Hal itu bertujuan agar teknologi yang berdasar pada kecerdasan buatan itu dapat dipercaya dan sejalan dengan nilai-nilai demokrasi yang diusung bersama.

Nantinya, pertemuan tersebut akan mempertimbangkan isu-isu seperti perlindungan kekayaan intelektual, disinformasi, dan bagaimana teknologi AI seharusnya diatur.

Kelompok kerja AI G7 nantinya juga akan meminta masukan dari Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Matsumoto juga mengatakan bahwa Jepang yang memegang presidensi G7 tahun ini, akan memimpin diskusi G7 tentang penggunaan responsif dari teknologi AI generatif.

“Harapannya, forum ini dapat menghasilkan saran kepada para kepala negara pada akhir tahun,” katanya.

Sebagai informasi, pertemuan tingkat pertama yang membahas perihal AI tersebut akan diikuti oleh para pejabat terkait dari negara-negara G7, yang meliputi Amerika Serikat (AS), Uni Eropa dan Jepang.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Syam Basrijal Nilai Gangguan Pusat Data Nasional Bentuk Kelemahan Pemerintah Jalankan Sistem Layanan Publik

Analis dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal menilai bahwa kerusakan sebuah sistem memang wajar saja terjadi, namun semua itu bisa diantisipasi sedini mungkin sebelum kerusakan itu berdampak pada layanan publik seperti sistem pemerintahan.

Pusat Data Nasional Kominfo Rusak, Kantor Imigrasi Kalang Kabut

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) mengungkapkan, semua layanan keimigrasian di dalam negeri saat ini terdampak gangguan sistem Pusat Data Nasional (PDN).

Kirim Foto dan Video di WhatsApp Bisa Auto HD, Gak Burik Lagi Deh

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fitur berkirim media visual, baik gambar maupun video di aplikasi pesan instan di WhatsApp dengan kualitas tinggi atau HD memang sudah...

Syam Basrijal Sebut Keamanan Data Privasi Tanggung Jawab Negara

Praktisi sekaligus pegiat keamanan data, Syam Basrijal menerangkan bahwa keamanan data menjadi sesuatu yang sangat penting. Sebab, data menjadi hal yang sangat private dimiliki oleh setiap individu.

Season 32 Game MLBB Segera Berakhir, Catat Tanggalnya!

Halo! Para penggemar game Mobile Legends Bang-Bang (MLBB). Season ke-32 akan segera berakhir, dan kini sebentar lagi seluruh pemain akan merasakan bersama-sama pergantian seasonnya menuju season ke-33.

Mengerikan! GPT-4 Jadi Makin Mirip Manusia

Penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa batas antara manusia dan mesin semakin tipis, dimana dalam percakapan antara keduanya semakin sulit dibedakan.

HOLOPIS FEEDS