Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mahfud Akui Putusan MK soal Perpanjangan Masa Jabatan Pimpinan KPK Multitafsir

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD turut angkat bicara perihal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang perpanjangan masa jabatan pimpinan KPK.

Dia pun mengakui, bahwa putusan terkait nasib pimpinan lembaga antirasuah tersebut berpotensi menimbulkan multitafsir di tengah masyarakat.

“Kita lihat saja perkembangannya. Sebab kalau dilihat dari polemik di media tampaknya vonisnya memang menimbulkan tafsir yang tidak tunggal,” kata Mahfud dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (26/5).

Kendati begitu, Mahfud mengatakan bahwa pihaknya di pemerintah akan mengkaji putusan tersebut, meski ia sendiri mengaku belum membacanya secara lengkap. Namun Mahfud menjamin, pemerintah akan mendalami putusan MK terkait perpanjangan masa jabatan Firli Bahuri Cs tersebut.

“Saya belum sempat membaca putusannya. Nanti pemerintah akan menyikapi setelah mendalami vonisnya dan mendengar berbagai pendapat,” ujarnya.

Adapun sejauh ini, kata Mahfud, pemerintah sudah mendapat masukan dari sejumlah pakar agar pemerintah bertanya kepada MK tentang putusan tersebut. Namun ia berpendapat, putusan MK umumnya sudah jelas dan resmi.

“Filosofinya vonis MK sudah jelas dan tak perlu penjelasan resmi,” jelas Mahfud.

Sebagaimana diberitakan Holopis.com sebelumnya, MK memutuskan untuk mengabulkan permohonan perpanjangan masa jabatan pimpinan KPK, dari yang semula hanya empat tahun menjadi lima tahun.

Keputusan itu dibacakan langsung oleh Ketua MK, Anwar Usman dalam sidang perkara Nomor 112/PUU-XX/2022 yang digelar di Gedung MK, Jakarta Pusat pada hari Kamis (25/5) lalu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru