Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hati-hati Pilih Kosmetik, Ini Bahaya Paraben untuk Kesehatan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Paraben adalah bahan kimia yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan kosmetik untuk mengawetkan produknya. Paraben berfungsi untuk menghindari pertumbuhan jamur dan bakteri di kosmetik tersebut.

Produk-produk kecantikan dan keberhisan yang biasanya menggunakan paraben di antaranya make up, pelembabm produk perawatan rambut, dan juga cukuran.

Lalu apa saja sih, dampak negatif dari paraben ke kulit?

1. Alergi

Jika ada yang menggunakan kosmetik dengan paraben, ini bisa saja menjadi bahaya untuk kulit. Hal-hal yang terjadi dimulai dari iritasi dan alergi di kulit tersebut.

Kemudian iritasi berkembang menjadi eksim. Karena itulah, paraben tidak digunakan untuk mengawetkan krim antibiotik.

2. Berisiko Memicu Kanker Payudara

Paraben juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Kandungan kimia ini bisa masuk dari kulit, dan menyebabkan sel kanker. Karena yang menggunakan produk kecantikan biasanya wanita, maka risiko kaner payudara menjadi lebih tinggi.

3. Gangguan Endokrin

Paraben juga bisa mengganggu fungsi endokrin. Struktur kimia dari paraben ini mirip dengan hormon estrogen, sehingga tubuh bisa mendeteksinya sebagai zat merugikan dan memengaruhi endokrin. Gangguan endokrin bisa menyebabkan jerawat, mengganggu perkembangan dan neurologis, serta menyebabkan berbagai jenis kanker.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru