HOLOPIS.COM, JAKARTA – Apple temukan tiga eksploit zero-day yang berbahaya, dan langsung merilis pembaruan sistem keamanan untuk iOS. Pembaruan ini tak cuma tersedia untuk iOS, melainkan juga untuk iPadOS.

Dikutip Holopis.com dari Techspot, Rabu (24/5) ketiga celah yang ditemukan itu cukup berbahaya. Karena bisa dimanfaatkan secara aktif, untuk menyusup ke dalam iPhone yang belum diperbarui iOS-nya. Pambaruan juga dilakukam, untuk menambal 30 celah lain yang ditemukan di iOS 16.4.

Ketiga celah yang ditambal tersebut terkait dengan engine browser WebKit, termasuk tiga yang paling berbahaya, yaitu CVE-2023-32409, CVE-2023-28204, dan CVE-2023-32373.

Jika dibiarkan, maka data pengguna iPhone dan iPad terancam bisa diakses oleh hacker. Kemudian, celahnya juga bisa dimanfaatkan untuk mengeksekusi serangan lewat kode tertentu.

Sifat celah ini adalah memanfaatkan engine browser WebKit, oleh karena itu ada sangat banyak perangkat yang bisa menjadi target serangan.

Apalagi, pada awal 2023 lalu Apple baru memamerkan kalau jumlah perangkat aktif mereka sudah mencapai 2 miliar.

Perangkat yang bisa jadi korban celah ini antara lain adalah, Semua model iPad Pro, iPad Air generasi 3 ke atas, iPad generasi 5 ke atas, iPad Mini generasi 5 ke atas.

Kemudian iPhone 6s dan semua model setelahnya, Mac yang menjalankan macOS Big Sur, Monterey, dan Ventura, Apple Watch Series 4 ke atas dan Apple TV 4K dan HD.

Pembaruan ini disebar lewat sistem Rapid Security Response, dan beberapa pengguna melaporkan kalau pembaruan ini sudah bisa dipasang. Namun jika belum, detikers bisa melakukan pembaruan manual pada perangkat.

Cara update iOS 16.5

1. Buka Settings
2. Masuk ke opsi General dan Software Update
3. Klik download and install