BerandaNewsKesehatanIni 5 Cara Hilangkan Kutu Rambut dengan Mudah, Catat !

Ini 5 Cara Hilangkan Kutu Rambut dengan Mudah, Catat !

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Rasa gatal yang muncul di kulit kepala, leher, dan area sekitar telinga dapat menjadi gejala kutu rambut. Oleh karena itu, untuk memastikannya periksalah rambut dan kulit kepala anda.

Bila melihat dan mendapati telur yang menempel di helaian rambut atau hewan kecil merayap di kulit kepala, dapat dipastikan bahwa anda mengalami keluhan akibat kutu rambut.

Cara menghilangkan kutu rambut sendiri, dimulai dengan menggunakan bahan alami hingga obat kutu rambut. Adapun, pemilihan dan penggunaan obat ini tergantung pada keparahan gejala yang ditimbulkan oleh kutu rambut.

Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui bagaimana cara mengatasi kutu rambut yang mengganggu, seperti yang telah dirangkum Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Senin (22/5).

Penerbit Iklan Google Adsense

Berbagai Cara Mengatasi Kutu Rambut

Umumnya, kutu rambut menular ketika melakukan kontak dengan penderita kutu rambut dalam waktu yang lama. Adapun kontak yang dimaksudkan yaitu, kontak antar rambut ataupun berbagai penggunaan benda yang sama seperti sisir, jepit rambut, atau topi.

Rasa gatal akibat kutu rambut biasanya baru dirasakan setelah kutu rambut berada di kepala selama 4-6 minggu, rasa gatal ini terjadi akibat gigitan kutu maupun reaksi alergi terhadap air liur kutu rambut.

Agar terbebas dari rasa gatal yang ditimbulkan, berikut beberapa cara membasmi kutu rambut dengan mudah yang dapat anda lakukan :

1. Menyisir Rambut dengan Sisir Serit

Cara pertama menghilangkan kutu rambut yang pertama ini tergolong mudah dilakukan oleh siapa saja. Hanya diperlukan sisir rambut seperti serit, yang memiliki jarak antar gigi sekitar 0,2 mm. Tujuannya, agar mempermudah anda menyisir lebih banyak kutu dan telur kutu rambut yang terangkat, bahkan kutu yang berada di dekat kulit kepala.

Selain itu, disarankan agar menggunakan sisir serit saat rambut dalam kondisi basah karena kutu akan bergerak lebih lambat dan juga lebih mudah terlihat, lakukan penyisiran rambut dengan serit sebanyak 3-4 kali sehari hingga kutu rambut benar-benar hilang.

2. Mengoleskan Petroleum Jelly

Berikutnya, untuk mengatasi kutu rambut anda dapat mengoleskan petroleum jelly. Cukup oleskan petroleum jelly ke rambut secara merata, lalu tutup rambut menggunakan shower cap dan diamkan selama semalaman.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.

Cara Mencegah TBC : Langkah-langkah yang Penting Diikuti

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Saat ini Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India, dan diikuti oleh China.

Mengenali Gejala Tuberkulosis (TBC): Pentingnya Deteksi Dini

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang organ tubuh mana pun, tetapi biasanya mengenai paru-paru.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS