Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Gubernur Jatim : Data Akurat Sensus Pertanian 2023 Jadi Acuan Kebijakan

HOLOPIS.COM, SURABAYA – Masyarakat di Jawa Timur (Jatim) diajak untuk sukseskan Sensus Pertanian 2023, karena data yang dihasilkan bisa jadi acuan untuk kebijakan yang tepat.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sensus ini dilaksanakan setiap 10 tahun sekali.

“Sensus pertanian dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Tahun ini akan dimulai pada 1 Juni hingga 31 Juli 2023,” kata Khofifah dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Selasa (23/5).

Khofifah juga mengimbau Badan Pusat Statistik (BPS) pusat maupun daerah, untuk melakukan pendataan segala hal mulai dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan terkini.

Seluruh elemen masyarakat juga diharapkan, bisa memberikan dukungan jalannya Sensus Pertanian 2023. Terlebih, Jatim selama ini telah dikenal sebagai Lumbung Pangan Nasional.

“Kami beserta jajaran di Pemerintah Provinsi Jatim akan memberikan dukungan penuh demi kelancaran Sensus Pertanian 2023. Dengan begitu para petugas sensus bisa mendapatkan data-data yang akurat dan valid sehingga ke depan dapat menjadi acuan kebijakan yang tepat.” ujar Khofifah.

Hasil data Sensus Pertanian 2023 yang akurat dan dipercaya, akan berikan rasa optimis dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi lebih pesat lagi.

Apalgi di Jawa Timur, banyak sekali masyarakat yang sumber kehidupannya bergantung pada sektor pertanian.

“Dengan tumbuh lebih pesat, masyarakat yang bergantung pada sektor pertanian, mulai dari petani hingga pedagang hasil pertanian bisa hidup lebih sejahtera. Selain itu, ketersediaan bahan pangan juga bisa dijaga dengan baik untuk masyarakat Jatim dan masyarakat Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

Selama ini, Khofifah selalu menekankan pentingnya data-data yang update dan akurat sebelum merumuskan sebuah kebijakan. Menurutnya sebuah kebijakan bisa efektif dan efisien dalam menyelesaikan persoalan itu sangat bergantung dari akurasi data yang menjadi acuan.

“Karenanya saya meminta seluruh elemen masyarakat agar mendukung kelancaran proses sensus pertanian tahun 2023,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru