Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

7 Buah-Buahan Bantu Turunkan Kadar Gula Darah dan Tingkatkan Kesehatan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Memiliki kadar gula darah yang seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Meningkatnya angka diabetes dan masalah kesehatan terkait gula darah menunjukkan pentingnya menjaga pola makan yang sehat.

Berdasarkan catatan yang dikutip dari situs Siloamhospitals.com, kadar gula darah seseorang bisa diukur dari usia. Untuk usia kurang dari 6 tahun, maka kadar gula darah normal adalah 100-200 mg/dL. Untuk usia 6-12 tahun normalnya adalah 70-150 mg/dL. Sementara untuk 12 tahun ke atas normalnya adalah 100 md/dL. Jika seseorang memiliki kadar gula darah 140 hingga 199 mg/dL, maka itu bisa dikategorikan sebagai pradiabetes.

Perlu diperhatikan Sobat Holopis, bahwa kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada saraf dan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah terganggu. Kondisi ini menyebabkan darah yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka sulit mencapai area tersebut. Inilah yang kemudian membuat luka seseorang bisa sulit sembuh.

Salah satu cara yang efektif untuk mengendalikan kadar gula darah adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi dan serat tinggi. Dalam artikel ini, Holopis.com akan menjelaskan tujuh buah-buahan apa saja yang terbukti efektif dalam menurunkan kadar gula darah dan membantu kamu bisa hidup lebih sehat.

1. Apel
Apel adalah buah yang kaya serat, antioksidan, dan polifenol. Serat larut dalam apel membantu mengendalikan penyerapan glukosa di usus, sehingga mengurangi lonjakan gula darah setelah makan.

Selain itu, polifenol dalam apel juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Mengonsumsi apel secara teratur dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

2. Jeruk
Jeruk adalah sumber vitamin C yang kaya dan mengandung serat alami. Serat ini membantu menghambat penyerapan gula dalam darah dan menjaga keseimbangan glukosa.

Jeruk juga mengandung flavonoid, seperti hesperidin, yang dapat memperbaiki fungsi sel-sel pankreas yang bertanggung jawab untuk produksi insulin.

3. Berry
Buah-buahan beri seperti blueberry, raspberry, dan strawberry memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka akan melepaskan gula secara perlahan ke dalam darah. Berry kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan, serta mengandung senyawa seperti antosianin yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Kiwi
Kiwi mengandung serat larut yang membantu mengendalikan penyerapan gula dalam darah. Buah ini juga kaya akan vitamin C, vitamin K, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan umum. Makan kiwi secara teratur dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mendukung fungsi pankreas yang sehat.

Baca selanjutnya di halaman kedua

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru