Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Cara Ampuh Atasi Pegal Linu Setelah Berolahraga, Catat !

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Olahraga merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat, pasalnya hal ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, tulang, dan otot. Namun, setelah melakukan olahraga yang paling sering muncul adalah pegal linu, hal ini terjadi karena dua kemungkinan yaitu, anda mencoba berolahraga baru atau meningkatkan intensitasnya.

Pegal linu setelah olahraga merupakan reaksi umum, ketika otot bekerja keras secara alami akan merasa sedikit lelah setelahnya. Namun, pada akhirnya otot akan menjadi lebih kuat setelah tubuh pulih dengan benar. Meski begitu, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar tidak pegal linu setelah berolahraga. Simak penjelasan berikut ini, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Senin (22/5).

1. Terus Bergerak

Ketika tubuh merasa pegal setelah berolahraga, anda tentu ingin segera beristirahat. Namun, dengan terus bergerak atau menggerakan tubuh sebenarnya dapat membantu anda merasa lebih baik. Caranya, anda hanya cukup melakukan gerakan tubuh dengan ringan dan lembut.

2. Istirahat dan Pulihkan

Bila anda mendapat kesempatan, gunakan hari libur untuk memulihkan diri sendiri dan mengisi kembali energi setelah berolahraga. Hal ini karena, para ahli mengatakan hari kedua setelah berolahraga intens bisa menjadi hari yang terberat. Sehingga, anda disarankan untuk melakukan olahraga ringan sehari setelah olahraga berat.

3. Lakukan Pijatan

Untuk menghilangkan pegal linu, melakukan pijatan sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya, pijatan dapat meredakan pegal linu atau ketegangan otor, meningkatkan aliran darah, serta meningkatkan jangkauan gerak sendi. Ketika anda sedang mengalami pegal linu setelah berolahraga, lakukan pijatan lembut agar merasa lebih baik.

4. Kompres Hangat

Jika otot anda masih terasa pegal setelah 48 jam, cobalah untuk kompres hangat dengan hati-hati. Pasalnya, cara ini dapat merangsang aliran darah ke otot guna mengurangi ketegangan, serta membantu otot jadi lebih baik. Selain itu, anda juga dapat menggunakan handuk hangat ataupun bantal pemanas.

5. Konsumsi Obat Anti-Inflamasi

Penggunaan obat anti-inflamasi dapat membantu mengurangi pembengkakan, serta menghilangkan rasa sakit. Anda dapat mengkonsumsi aspirin atau ibuprofen, saat pegal linu setelah berolahraga.

Itulah beberapa cara ampuh guna mengatasi pegal linu setelah berolahraga, anda dapat mencoba cara-cara tersebut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru