HOLOPIS.COM, JAKARTA – Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) geram betul dengan kericuhan yang terjadi saat Indonesia vs Thailand di final SEA Games 2023.

Presiden FIFA, Gianni Infantino lantas menakankan bahwa pihak Federasi Sepakbola Asia termasuk Federasi lokal harus menemukan cara untuk mencegah hal tersebut, agar tak terjadi lagi.

“Final SEA Games telah mengirimkan citra negatif ke dunia sepakbola. Saya berharap setelah serangkaian insiden di sepak bola Asia Tenggara, para petinggi AFC, AFF dan Federas sepakbola anggota melihat lagi dan menemukan cara untuk mencegah hal yang sama terjadi di masa depan,” ungkap Infantino, seperti dikutip Holopis.com dari Morning Expres, Sabtu (20/5).

Lanjutnya, Infantino menegaskan bahwa kericuhan tersebut seharusnya mendapat hukuman yang berat.

“Tindakan seperti itu sih seharusnya dihukum dengan berat,” tambah Infantino.

Seperti yang telah diketahui bersama sebelumnya, bahwa kemenangan 5-2 Indonesia atas Thailand di final SEA Games 2023 memang diwarnai kericuhan hebat.

Tak hanya ricuh sebatas dorong-dorongan, namun hingga saling baku hantam, sampai harus berdarah-darah, dimana salah satu korbannya yakni Manajer Timnas Indonesia sendiri.

Meski insiden tersebut nampaknya sudah berakhir damai, namun kericuhan seperti itu akan terus diingat dan membekas untuk perhelatan yang akan datang.