HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mabes TNI menegaskan video viral mengenai dukungan Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono kepada Anies Baswedan adalah hoax.

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Aidil dalam siaran persnya menegaskan bahwa ada upaya provokasi yang dilakukan melalui video hoax tersebut.

“Puspen TNI menyatakan dengan pasti bahwa video ‘di pimpin langsung panglima yudo Margono !! ribuan TNI resmi deklarasikan Anies presiden 2024’ adalah tidak benar atau hoaks,” kata Aidil dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (18/5).

Aidil kemudian menjelaskan, video tersebut menggabungkan tiga peristiwa di tempat dan waktu yang berbeda, yaitu kegiatan Laksamana Yudo Margono beserta prajurit TNI AL dari Korps Marinir di JICT Tanjung Priok, video prajurit TNI AD, serta video kegiatan Anies Baswedan di Kopassus.

Oleh karena itu, Aidil memperingatkan para penyebar hoax tersebut untuk segera memberikan permintaan maaf ke publik atas tindakannya menyebar kabar bohong.

“TNI meminta kepada pihak MI (Menara Istana) selaku pemilik produk video segera menjelaskan kepada publik dan menyampaikan permohonan maaf kepada TNI dan publik,” tegasnya.

“TNI juga meminta Menara Istana menghapus video tersebut,” sambungnya.

Dengan maraknya potensi penyebaran hoax menjelang pemilu 2024, Aidil meminta masyarakat lebih berhati-hati dalam memilah informasi yang beredar.

“TNI berharap masyarakat lebih jeli dan hati-hati dalam mengkonsumsi informasi yang beredar di semua jenis media, termasuk media sosial,” pungkasnya.