HOLOPIS.COM, JAKARTA – Merawat gigi bayi sejak ia berusia 6 bulan, akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulutnya hingga dewasa nanti. Namun, bila gigi pada bayi belum muncul cukup bersihkan gusinya saja, dengan cara mengusapnya secara lembut menggunakan kasa atau kain bersih yang dicelupkan ke air hangat.

Berikut ini beberapa langkah ampuh merawat gigi bayi yang dapat ibu lakukan secara rutin, agar kebersihan gigi dan mulutnya terjaga sedini mungkin. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, pada Jumat (19/5).

1. Menyikat Gigi Bayi dengan Benar

Saat gigi pada bayi mulai tumbuh, anda dapat menyikatnya dengan sikat gigi khusus untuk bayi. Sedangkan untuk pasta gigi bayi, anda dapat memilih pasta dengan kandungan fluoride, dan untuk membersihkan gigi bayi anda dapat melakukan beberapa langkah. Seperti, cukup oleskan pasta gigi sebesar butiran beras ke atas sikat gigi bayi, lalu sikatlah bagian luar dan dalam gigi setidaknya 2 kali sehari, perlu diperhatikan untuk selalu melakukannya dengan lembut.

2. Memberikan Makanan Sehat Setiap Hari

Ibu, ketika bayi anda sudah boleh mengkonsumsi makanan lain selain ASI, biasakan untuk memberinya makanan sehat dan bergizi seimbang. Hindari pemberian makanan yang mengandung banyak gula, karena hal ini dapat menimbulkan kerusakan pada gigi sang buah hati. Selain itu, jangan lupa untuk memberinya air putih setelah makan, guna membilas sisa makanan yang masih menempel pada gigi bayi.

3. Hindari Kebiasaan Bayi Tidur dengan Botol Susu di Mulutnya

Selanjutnya, langkah menjaga kesehatan gigi bayi yang perlu ibu perhatikan yaitu, hindari kebiasaan si kecil tidur dengan botol susu di mulutnya. Pasalnya, bila dibiarkan susu akan mengumpul dalam mulut dan menyebabkan kerusakan pada gigi bayi. Ibu juga perlu memperhatikan, penggunaan botol susu sebaiknya dihentikan ketika anak berusia 1 tahun.

4. Membawa Bayi ke Dokter Gigi

Banyak diantara orang tua, hanya membawa anak atau bayinya ke dokter gigi bila sudah berlubang atau sakit giginya. Nyatanya hal ini tidak dibenarkan, karena ketika gigi bayi mulai tumbuh anda sebenarnya perlu memeriksakannya ke dokter. Hal ini karena, dengan melakukan pemeriksaan rutin, dokter dapat memantau pertumbuhan gigi pada si kecil. Selain itu, ibu juga dapat berkonsultasi mengenai cara penanganan gigi berlubang sedini mungkin.

Itulah beberapa cara ampuh merawat gigi bayi, tentunya hal ini akan sangat berpengaruh hingga si kecil dewasa. Selain itu, dengan mempraktikkan langkah-langkah ampuh merawat gigi bayi di atas, diharapkan kesehatan gigi dan mulut bayi tetap sehat dan selalu terjaga.