Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tema dan Sejarah Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional RI, 17 Mei 2023

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional RI diperingati pada 17 Mei di setiap tahunnya. Simak tema dan sejarahnya di artikel ini.

Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional RI, 17 Mei 2023 tahun ini merupakan peringatan yang ke-43 sejak didirikan pada 1980 silam.

Selain itu, Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional RI juga sekaligus memperingati Hari Buku Nasional (Harbuknas).

Untuk diketahui bahwa, Perpustakaan Nasional memiliki fungsi meliputi pembinaan, perpustakaan deposit, perpustakaan rujukan, perpustakaan penelitian, pusat jejaring perpustakaan dan perpustakaan pelesatian, dimana Perpusnas itu sendiri merupakan lembaga pemerintah non kementerian dalam tugasnya di bidang perpustakaan.

Sejarah Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional RI

Jika kita menilik jauh ke belakang, Perpustakaan Nasional RI sendiri didirikan sejak jaman Hindia Belanda.

Bermula pada 25 April 1778, dimana pada tahun tersebut mulai didirikan yang namanya perpustakaan lembaga Bataviaasche Baravia, Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BGKW) yang diprakarsai langsung oleh Dewan Hindia Belanda kala itu, Mr. J. C. M. Rademaker.

Tak hanya itu, Rademaker juga merupakan penggagas pengumpulan buku-buku hingga manuskrip koleksi perpustakaan.

Pada tahun 1846, perpustakaan tersebut resmi mengeluarkan katalog buku pertamanya berjudul Bibliotecae Artiumcientriaerumquae Batavia Florest Catalogue Systematicus.

Kemudian berubah nama menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia pada tahun 1950. Kemudian, setelah berubah nama, Lembaga Kebudayaan Nasional resmi diserahkan kepada pemerintah Indonesia. Pada 1962, namanya lantas berubah menjadi Museum Pusat.

Di sini lah awal mula ada yang namanya Museum Nasional. Museum Nasional merupakan nama baru dari Museum Pusat itu sendiri. Sementara, perpustakaannya dikenal dengan nama Perpustakaan Museum Nasional.

Pada tahun 1980, Perpustakaan Museum nasional lantas dilebut ke Pusat Pembinaan Perpustakaan.

9 tahun kemudian, tepatnya pada 1989, ada perubahan, Pusat Pembinaan Perpustakaan dilebur lagi sebagai bagian dari Perpustakaan Nasional RI.

Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional Ri pun ditetapkan pada 17 Mei di setiap tahunnya, sebab bertepatan dengan hari diresmikannya Perpustakaan Nasional RI pada 1980.

Tema Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional RI

Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional RI tahun ini mengusung tema ‘Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Solusi Cerdas Pemulihan Ekonomi Masyarakat Pasca Pandemi Covid-19’.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Peringatan 23 Tahun 9/11, Sejarah Kelam Amerika Serikat

Amerika Serikat memperingati 23 tahun  peristiwa 9/11 atau 11 September.
00:02:15

Video : Sejarah Majapahit, Salah Satu Kerajaan yang Paling Berpengaruh di Indonesia

https://youtu.be/D0RP7-M0M-8?feature=shared HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan...
00:02:28

VIDEO : Sultan Mahmud Badaruddin II, Sultan Palembang Melawan Belanda

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sultan Mahmud Badaruddin II adalah salah satu...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru