HOLOPIS.COM, JAMBI – Presiden Jokowi menjanjikan bahwa pembangunan tol Trans Sumatera di Provinsi Jambi sampai dengan saat ini masih terus berlanjut.

Dengan percaya diri, mantan Gubernur DKI Jakarta itu bahkan mengklaim bahwa pembangunan tol tersebut akan rampung di 2024 mendatang.

“Segera diselesaikan, insyaallah 2024 selesai,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (16/5).

Jalan tol ruas Betung-Jambi sepanjang 190 kilometer tersebut kemudian juga diklaim Jokowi tidak mengalami permasalahan apapun sehingga sedang dikebut penyelesaiannya.

“Saya tak dengar ada hambatan, artinya sesuai jadwal. Tahun depan,” klaimnya.

Pembangunan jalan Tol Jambi yang seharusnya telah dimulai sejak Maret 2023 hingga saat ini belum juga ada tanda-tanda mulai dikerjakan.

Alasan pembangunan jalan tol Jambi ini belum juga dimulai padahal sudah ditender bahkan sudah ada pemenangnya, adalah terkait alasan anggaran.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Jambi Ibnu Kurniawan kepada Jambi Ekspres beberapa waktu lalu menjelaskan, kapan ruas tol Jambi Seksi 3 Tempino-Bayung Lencir mulai dibangun, semua masih menunggu kepastian pusat.

Anggaran Rp2,83 Triliun yang dibutuhkan untuk membangun jalan tol itu masih diusulkan ke Bendahara Umum Negara (BUN). Tahun ini butuh Rp1,5 Triliun, sisanya berlanjut dengan skema multi years.