Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

TNI Ikut Latihan Bersama Tiga Angkatan Bersenjata di Australia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Latihan Bersama (Latma) Trilateral Crocodile Response 2023 tiga Angkatan Bersenjata, resmi dibuka oleh Komandan Komando Utara Gabungan Angkatan Bersenjata Australia, Kolonel Laut Mitchell Livingstone.

Dalam kegiatan tersebut diikuti Indonesia, Australia dan Amerika Serikat. Latihan bersama ini, dirancang guna meningkatkan interoperabilitas antara Angkatan Bersenjata ketiga negara tersebut dalam misi operasi bersama bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana.

“Exercise Crocodile Response 2023 merupakan latihan yang sangat penting yang melibatkan Australia, AS, dan Indonesia bekerja sama secara efektif saat terjadi bencana alam,” kata Kolonel Laut Mitchell Livingstone dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Senin (15/5).

Pada upacara pembukaan, dihadiri oleh seluruh peserta latihan bertempat di 1st Bde ground parade, Robertson Barrack, Darwin, Australia.

“Selama latihan, para peserta akan mengasah keterampilan pemberian bantuan bencana gabungan yang diaktualisasikan dalam serangkaian skenario latihan seperti tindakan medis, rekonstruksi bangunan dan penjernihan air agar layak konsumsi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Komandan Pasukan Rotasi Marinir Amerika di Darwin Kol. Brendan Sullivan mengatakan kemampuan untuk berkoordinasi, kerjasama tim, dan interoperabilitas yang tinggi sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan yang dihadapi dalam bencana alam.

“Melalui latihan Crocodile Response mari kita jalin ikatan yang kuat, bangun kepercayaan, dan tingkatkan kemampuan kolektif kita. Bersama-sama kita laksanakan skenario latihan yang kita susun serupa dengan realita yang menuntut untuk bertindak  melampaui batas kemampuan, menguji daya kritis, serta mengatasi segala permasalahan,” ujar Kol. Brendan Sullivan.

Mewakili TNI, Letkol Inf Deden Kurniawan selaku wakil ketua delegasi TNI mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak Australia yang telah menerima delegasi TNI dengan ramah. “Mari kita laksanakan latihan ini secara profesional, antusias dan kerjasama tim,” tutupnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru