Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Simak 4 Cara Efektif Hilangkan Kurap dengan Bahan Alami

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kurap merupakan kondisi kulit yang disebabkan oleh jamur jenis tinea, yaitu jenis jamur yang dapat hidup di jaringan kulit mati termasuk kuku dan rambut. Nama lain dari kurap sendiri adalah, ringworm yang dapat menimbulkan bercak merah, sisik, hingga gatal pada kulit.

Ketika kondisi kurap semakin parah, kulit akan tampak seperti memiliki lingkaran atau cincin merah. Untuk mengatasi gangguan ini, ada beberapa langkah sederhana yang dapat anda lakukan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui apa saja bahan-bahan tersebut, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Senin (15/5).

1. Kunyit

Bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi kurap adalah, kunyit. Sifat antibakteri dan antiinflamasi dalam kunyit, diketahui mampu atasi infeksi akibat gangguan pada kulit. Selain itu kunyit juga efektif menghambat pertumbuhan jamur, untuk penggunaannya haluskan kunyit dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada kulit yang terserang kurap, lalu biarkan hingga mengering. Adapun pilihan lainnya, anda dapat mengkonsumsi air yang mengandung kunyit setiap hari agar gangguan kulit seperti kurap dapat teratasi.

2. Minyak Kelapa

Memiliki sifat antijamur, minyak kelapa merupakan bahan alami yang diketahui efektif dan ampuh atasi infeksi kurap. Anda dapat menggunakannya secara topikal, dengan diterapkan pada kulit yang terserang kurap secara rutin. Penggunaannya, cukup hangatkan minyak kelapa hingga agak cair, lalu oleskan hingga menyerap pada area kulit yang berkurap, lakukan langkah ini paling tidak tiga kali dalam sehari.

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel, merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kurap. Hal ini karena, bahan tersebut memiliki sifat antijamur yang kuat. Cara penggunaannya sendiri, cukup dengan oleskan cairan ini ke area yang terdampak, pertama rendam bola kapas ke cuka sari apel terlebih dahulu, lalu oleskan langsung ke kulit yang terserang kurap, lakukan ini tiga kali sehari untuk hasil maksimal.

4. Minyak Pohon Teh

Selanjutnya, bahan alami yang dapat anda manfaatkan untuk mengatasi kurap yaitu minyak pohon teh. Kandungan dari minyak ini berguna sebagai antijamur dan antibakteri, sehingga infeksi kulit jamur akibat kurap bisa diatasi. Cukup dengan oleskan minyak pohon teh pada kurap yang terserang kurap, lakukan 2-3 kali per hari. Namun, perlu diingat pada seseorang yang memiliki kulit sensitif, encerkan minyak tersebut terlebih dahulu dengan minyak kelapa. Sehingga, manfaatnya dapat dirasakan dengan maksimal dalam menghilangkan kurap.

Itulah beberapa obat alami penghilang kurap, yang bahan-bahannya juga mudah anda dapatkan. Ikuti sesuai dengan instruksi yang diberikan, agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam menghilangkan kurap.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru