Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizSensus Pertanian 2023 Dimulai 1 Juni, BPS Janjikan Data Komprehensif

Sensus Pertanian 2023 Dimulai 1 Juni, BPS Janjikan Data Komprehensif

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) akan segera menggelar sensus pertanian yang berlangsung setiap 10 tahun sekali. Pada sensus pertanian tahun 2023, akan dimulai pada 1 Juni hingga 31 Juli 2023 mendatang.

Kepala BPS, Margo Yuwono pun berjanji, pihaknya bakal menghasilkan data yang komprehensif. Sebab, katanya, hasil sensus akan digunakan pemerintah sebagai acuan dalam membuat berbagai kebijakan terkait pertanian.

“(Data sensus) digunakan sebagai acuan targeting program pemerintah di bidang pertanian, geospasial statistik pertanian, dan potensi pertanian termasuk urban farming, struktur demografi petani,” ujar Margo di Istana Negara yang dikutip Holopis.com, Senin (15/5).

Margo pun menyampaikan, bahwa sensus pertanian tersebut akan dilakukan hingga ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan ke wilayah terkecil sekali pun. Nantinya, petugas akan mencatat data pelaku usaha pertanian berdasarkan nama dan alamat.

Data yang dihimpun juga meliputi luas lahan pertanian menurut penggunaan jenis kepemilikan dan irigasi; penyediaan basis data usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor pertanian, dan lainnya.

Selain itu, sensus pertanian akan mencangkup tujuh subsektor. Yakni, tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, perikanan, peternakan kehutanan, dan jasa pertanian.

Lebih lanjut, tema yang diusung dalam Sensus Pertanian 2023 ialah Mencatat Pertanian Indonesia untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani. Tema ini diharapkan dapat menjadi landasan yang valid dalam perumusan kebijakan di bidang pertanian.

“Keberhasilan sensus pertanian 2023 tentu memerlukan kolaborasi dari berbagai pihak. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung persiapan sensus pertanian 2023,” bebernya

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.